Perawatan Payudara Pada Wanita

Setiap wanita pastinya menginginkan payudara yang sehat dan sempurna.

Setiap perempuan pastinya menginginkan payudara yang sehat, terhindar dari kelainan atau penyakit. hal ini mau tidak mau akan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagi  macam kelainan pada payudara dan perawatan payudara yang benar. Anda juga tidak ingin kekencangan payudara Anda berkurang. Anda perlu merawat payudara Anda sebagaimana Anda merawat bagian tubuh lainnya.

Ada beberapa tips untuk perawatan payudara Anda :

  • Kenakan bra untuk menjaga bentuk payudara tetap indah. Pilih ukuran bra yang sesuai agar dapat menopang payudara dengan baik.
  • Bersihkan secara rutin daerah seputar puting susu dengan kapas yang dibasahi air hangat.
  • Oleskan minyak zaitun pada payudara untuk menjaga kelembaban. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan lembut.

Lakukan senam ringan dengan fokus untuk memperkuat otot dada.

bisa menimbulkan penyakit kanker payudara. Gejala awal penyakit ini ditandai munculnya benjolan sebesar kelereng. Benjolan ini tidak teraba dengan tangan ketika ukurannya masih kecil. Selain itu, salah satu puting susu mengeluarkan cairan berwarna merah dan berbekas di bra. Jika gejala ini muncul, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Langkah-langkah melakukan perawatan payudara secara mandiri adalah sebagai berikut:

  • Dalam posisi berbaring telentang, letakkan tangan kanan di bawah kepala. Letakkan sebuah bantal kecil di bawah punggung sebelah kanan.
  • Raba seluruh bagian payudara sebelah kanan dengan menggunakan 3 ujung jari tengah yang dirapatkan.
  • Lakukan gerakan memutar dan tekanan lembut tetapi mantap. Lakukan gerakan ini mulai dari bagian pinggir searah jarum jam.
  • Tekan pelan-pelan daerah di sekitar puting. Perhatikan, apakah puting mengeluarkan cairan yang tidak normal.

Dalam melakukan perawatan payudara, Anda tidak perlu berkecil hati jika payudara Anda tidak besar.  Asumsi bahwa payudara yang besar akan lebih indah, tidak perlu Anda hiraukan. Perhatikan, betapa banyak wanita yang merasa tak puas dengan ukuran payudara dan berusaha melakukan rekonstruksi payudara, baik dengan operasi payudara maupun pemakaian obat-obatan yang dipercaya bisa membesarkan ukuran payudara.