Perempuan perokok Umumnya Lebih Galak Dibanding Laki-Laki

Perempuan perokok Umumnya Lebih Galak Dibanding Laki-LakiDi Indonesia, laki-laki yang merokok jumlahnya masih lebih banyak daripada perempuan. Tapi meski sedikit, perempuan yang merokok umumnya lebih galak dibanding laki-laki. Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan jumlah perempuan yang merokok tidak terlalu banyak.

Dari 10 perempuan Indonesia, diperkirakan hanya 1 yang merokok. Menkes juga mengatakan bahwa jumlah tersebut masih lebih sedikit dibanding pria yang merokok. Dari 10 pria di Indonesia, diperkirakan ada sekitar 6-7 orang yang merokok.

Namun yang memprihatinkan menurut Menkes adalah 3 dari 10 anak sekolah sudah merokok sejak usia di bawah 10 tahun. Ini menunjukkan bahwa di Indonesia anak-anak sudah mengenal rokok pada usia yang terlalu dini. Untuk melindungi masa depan generasi muda dari bahaya rokok, Menkes menilai bahwa imbauan dan ajakan untuk berhenti merokok saja tidak cukup. Diperlukan regulasi atau aturan yang tegas, agar jumlah anak-anak yang terpapar rokok bisa ditekan. Data terkini menunjukkan, lebih dari 43 juta anak Indonesia tinggal serumah dengan perokok.