Cara Membicarakan Hal-hal yang Sensitif dengan Pasangan Anda

Ini triknya membicarakan hal sensitif dengan si dia dan tidak berakhir pada pertengkaran. Ada beberapa hal sensitif yang sulit dibicarakan pasangan suami istri, seperti masalah keuangan, kesehatan atau seks. Agar keluarga tetap berjalan harmonis, bagaimana cara mengemukakan pendapat tanpa melukai perasaan orang yang kita disayangi? Jika keliru saat membicarakannya, konflik bisa saja terjadi.

Pakar hubungan dari GALtime Deborah Dunn memberi beberapa trik bagaimana membicarakan hal-hal sensitif bersama pasangan dan tidak berakhir dengan pertengkaran.

1. Jangan menginterupsi atau memotong ucapan pasangan atau berbicara sebelum ia menyelesaikan perkataannya.

2. Ulangi perkataan pasangan (secara singkat) agar mereka tahu Anda mendengarkan apa yang ia katakan.

3. Jangan memutar mata saat mendengarkan ia berbicara. Hindari juga melakukan bahasa tubuh negatif lainnya.

4. Jika tidak mengerti atau tidak faham dengan apa yang pasangan bicarakan, jangan ragu untuk menanyakannya kembali.

5. Mulailah berbicara dengan menggunakan kalimat “saya” daripada “kamu”. Hindari menunjuk-nunjuk di depannya saat mengungkapkan perasaan. Lebih elok jika menggunakan kalimat “Aku sangat kesal saat kamu tidak memperhatikanku,” daripada “Kamu benar-benar membuatku kesal saat tidak mengacuhkan perkataanku,”.

6. Jangan membantah dengan nada menjengkelkan atau yang bisa membuatnya ilfil. Anda tentu tak ingin membuatnya marah dan memulai pertengkaran.