Tidak Ada Manfaat Pada Gelang Power Balance Wristbands

Gelang Power Balance WristbandsDistributor dari produk terkenal Power Balance wristbands Australia telah diperintahkan untuk menarik seluruh gelang yang sudah terjual di konsumen. Gelang yang disebut-sebut dapat meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dan kekuatan itu dinyatakan sebagai klaim “menyesatkan” oleh Badan Pengawas Konsumen Australia (ACCC), karena tidak terbukti kebenarannya.

Gelang ini dikembangkan di California dan diimpor ke Australia oleh dua pengusaha Melbourne, Tom O’Dowd dan Sean Condon, hingga mempunyai lebih dari 700 gerai di seluruh negeri.

Power Balance Australia telah terjual senilai jutaan dolar sejak perusahaannya didirikan pada bulan Agustus tahun 2009 dan berbasis di Port Melbourne.

Namun pada bulan November 2010, The Therapeutic Goods Complaints Resolution Panel mengeluhkan tentang pelanggaran kode iklan barang terapi yang ditemukan pada website mereka. Lalu pada Oktober 2010 kelompok advokasi konsumen Choice juga menemukan bahwa gelang-gelang tersebut hanyalah karet yang diberi hologram plastik.

Ketua ACCC, Graeme Samuel, seperti dikutip dari SMH.com.au, Selasa (4/1/2011) mengungkapkan, Power Balance pun telah mengakui bahwa tidak ada dasar ilmiah yang kredibel untuk menguatkan klaim manfaat tersebut, karenanya tidak ada alasan yang layak untuk mendukung pernyataan manfaat gelang power balance ini. Samuel pun menuturkan bahwa produk tersebut termasuk dalam bentuk penipuan dan memperingatkan para pengecer yang terus menjual produk dengan iklan menyesatkan ini bisa dikenakan tindakan oleh ACCC.

Permintaan maaf pun dilontarkan oleh Power Balance sendiri lewat website mereka www.powerbalance.com.au. Di dalamnya terdapat pernyataan bahwa mereka mengakui, tidak ada bukti ilmiah yang kredibel yang mendukung klaim mereka. Dan jika para konsumen merasa dirugikan, maka Power Balance bersedia mengembalikan dananya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Loading...