Tips Agar Rumah Bebas Alergi

Rumah Bebas AlergiBagi para penderita alergi yang sedang berlibur, mungkin hadiah terbaik untuk Anda di tahun baru ini adalah terbebas dari gangguan pernapasan.

Jika Anda memiliki semacam alergi pada debu dan wangi-wangian tertentu, liburan kali ini adalah saat yang tepat untuk Anda menata ulang dekorasi rumah sekaligus membersihkan udara di rumah Anda dari segala macam pemicu alergi pernapasan.

Menurut ahli alergi Dr. Yusuf Leija, dari Gottlieb Memorial Hospital di Melrose Park, Illinois, debu dari kotak penyimpanan barang, pohon segar, pewangi ruangan, dan tanaman hidup adalah sebagian dari sekian banyak penyebab dari masalah gangguan pernapasan.

Dalam liputan berita dari Universitas Sistem Kesehatan Loyola, ia menjelaskan bahwa terdapat cara tersendiri untuk mendekor rumah Anda untuk menghindari terjadinya alergi.

Leija menawarkan tips berikut untuk menjaga rumah Anda bebas alergi:

  • Hias rumah Anda dengan pohon buatan. Memang pohon-pohon pinus asli memiliki wangi yang menyenangkan, tetapi aroma yang dikeluarkannya dapat memperburuk masalah pernapasan, belum lagi debu dan binatang yang disebarkan dari pohon tersebut. Air yang menetes dari batang pohonnya juga akan menimbulkan genangan air yang dapat merugikan orang-orang beralergi pernapasan.
  • Hindari menggunakan lilin wangi dan home fragrance oils. Wangi-wangian yang berasal dari berbagai macam harum bunga itu tidak diperuntukkan bagi mereka yang memiliki alergi. Bukannya memberi kesan sebuah rumah yang mengundang, wanginya justru memperburuk sinus dan sistem pernapasan, sehingga para penderita sulit untuk bernapas.
  • Jauhi tanaman poinsettia dan bunga segar. Tanah lembab mendorong pertumbuhan jamur, dan jika ada jamur di rumah Anda, maka Anda bernapas dengan spora jamur. Spora jamur juga akan membatasi peredaran udara dan menyebabkan ruam pada kulit.
  • Awasi tingkat kelembaban udara dalam rumah Anda. Tidak apa-apa jika Anda menggunakan pelembab udara untuk menjaga rumah Anda tetap kering selama musim dingin, tetapi gunakanlah pengukur kelembaban ruangan dan aturlah agar ukuran kelembaban yang ada tidak lebih dari 48 sampai 50 persen. Terlalu banyak kelembaban mendorong pertumbuhan jamur yang dapat memicu reaksi alergi.
  • Simpanlah dekorasi yang tidak terpakai lagi dalam kontainer plastik besar, dan hindari menggunakan kotak kardus. Hal itu akan membantu mencegah penumpukan debu pada barang berharga Anda. Tetapi pastikan untuk membersihkan kontainer secara teratur.