7 Obat Flu Tradisional

Ada Tujuh Obat Flu Tradisional Untuk Manusia.

Pergantian musim kerap kali disertai dengan berjangkitnya penyakit flu. Tentu saja banyak pilihan obat yang dijual di pasaran untuk mengatasi sakit yang satu ini. Tapi bagi Anda yang lebih menyukai obat alami ada beberapa pilihan yang dapat Anda ambil.

- 1. Zat Besi

Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, tambahkan asupan zat besi dalam diet Anda. Sebagai bonusnya, zat besi ini dapat sedikit membantu menurunkan gejala flu.

- Bawang Putih

Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Allicin adalah yang paling ampuh melawan flu. Menurut studi kandungan allicin dalam bawang putih dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat. Tapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil.

- Bawang Merah

Kandungan dalam bawang merah tak jauh beda dengan bawang putih, yang mengandung kimia antiviral. Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.

- Vitamin C

Memang berdasarkan penemuan baru vitamin c hanya mampu mencegah flu biasa dan mengurangi reaksi gejala-gejala flu. Namun meski demikian vitamin c tetap bermanfaat untuk melawan flu dan batuk.

- Madu

Madu populer sebagai obat mujarab di beberapa budaya, menurut studi madu juga menunjukkan dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial. Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

- Ginseng

Ginseng dianggap sebagai suplemen herbal yang populer. Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.

- Jahe

ahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi, sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

Apakah Anda Sering Terkena Flu?

Anda sering terkena flu. Setelah kehujanan, terlalu lama berada di luar ruangan dimana angin sedang bertiup kencang, atau saat orang lain terjangkit virus flu, Anda pun tak luput dari serangan ini. Apakah itu berarti Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk?

beberapa tindakan pencegahan seperti berikut ini:

- Pertama: Terapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Misalnya, mengatur pola makan yang seimbang antara asupan lemak, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Olahraga rutin dan latihan pernafasan untuk melepas stres.

- Kedua: Tingkatkan pola hidup higienis.

Dinginnya udara di musim hujan dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap virus flu. Lebih dari 200 jenis virus flu tersebar saat suhu udara lembab. Maka, biasakan mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas apa pun. Selain itu, hindari kebiasaan berbagi gelas dan peralatan makan, baik dengan teman maupun anggota keluarga. Jangan lupa untuk menjauhi orang yang sedang terkena flu.

- Ketiga: Konsumsi suplemen herbal.

Misalnya, Astragalus sudah digunakan oleh bangsa Cina selama ribuan tahun untuk mencegah dan mengatasi flu dan demam. Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Chinese Medical Journal, menyatakan bahwa astragalus mampu meningkatkan daya tahan pada tikus.



Topik Terkait:
, , ,

2 Comments

  1. Met malam. Numpang lewat disini. Terpesat dari Gugel dengan Key ‘Obat Tradisional’. Salam kenal ya. Saya lagi bikin site tentang obat tradisional. Saya mungkin mengkopi beberapa artikel disini. Mohon Saran dan Kritiknya via email saya ya. Thanks.

  2. `” I am very thankful to this topic because it really gives useful information -`,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>