Bagaimana Jika Gigi Anda Goyang?

Bagaimana Jika Gigi Anda Goyang?Sebab gigi kita goyang banyak alasannya mungkin karena gigi kita sudah rapuh, atau kita biasa makan sesuatu yang keras sehingga gigi kita bisa terluka dan menyebabkan rasa sakit sampai-sampai gigi itu goyang karena tidak kuat menahan kerasanya benda yang kita kunya olehnya itu penting sekali kita untuk menjaga masalah kesehatan gigi dan mulut karena seseorang kelihatan lebih anggun disebabkan karena kerapian dan kesehatan mulut dan giginya.

“kalo gigi goyang apa bisa di obati?

Gigi goyang apa sih?
Gigi yang goyang ini adalah gigi yang cenderung “mobile” yaitu tidak lagi tertanam kokoh dalam tulang rahang dan disebabkan oleh berbagai macam hal tergantung faktor penyebabnya.

Gigi-Goyang
Jika anda mengalami gigi yang goyang maka perlu dilihat adalah usia. Jika anda menemukan gigi yang goyang pada anak-anak berumur 6-12 tahun, kegoyangan gigi mungkin merupakan hal yang wajar, ini artinya gigi sulung atau biasa juga disebut gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Jika hal ini terjadi sebaiknya anda membawa anak tersebut berkunjung ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan, jika benih gigi permanennya menurut dokter telah ada maka gigi yang goyang tersebut dapat dilakukan pencabutan, untuk memberikan tempat dan ruang bagi benih gigi permanen untuk tumbuh atau “erupsi”.

Jika anda menemukan gigi yang goyang setelah mengalami benturan, trauma atau kecelakaan, hal tersebut juga dapat terjadi. Jika hal ini terjadi anda sebaiknya segera mengunjungi layanan kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan. Untuk hal ini dapat dilakukan “fiksasi” atau “splinting” gigi yang terkena benturan dimana gigi tadi akan diikat dalam periode tertentu dengan tujuan untuk menguatkan kembali gigi yang goyang tersebut.

Jika anda menemukan gigi yang goyang pada pasien yang berusia lansia, atau mereka dengan penyakit sistemik misalnya yang memiliki penyakit gula atau biasa disebut diabetes melitus, atau penyakit lainnya yang melemahkan jaringan penyangga gigi atau jaringan periodontal ini juga dapat terjadi. Jika terjadi masalah pada jaringan ikat penyangga gigi maka ini dapat membuat gigi anda goyang. Untuk hal ini dapat dilakukan perawatan periodontal lanjutan yang hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi.

Jangan lupa bahwa adanya karang gigi, atau tartar, adanya penyakit gusi, dan bertambah dalamnya saku gusi juga bisa membuat gigi anda menjadi goyang. Karena itu berkonsultsi dengan dokter gigi dan lakukan pembersihan karang gigi atau skeling.

Apakah gigi goyang bisa diobati?
jawabannya adalah bisa tergantung pada kondisi kegoyangan giginya. Untuk menjawab pertanyaan ini lebih jelas maka sebaiknya anda mengunjungi dokter gigi anda. Mereka akan melihat apa penyebab gigi goyang anda, dan dari penyebab gigi goyang diatas maka dapat dilakukan beberapa perawatan gigi misalnya saja dengan “splinting” atau terlebih dahulu merawat jaringan penyangga gigi. Saat ini teknologi kedokteran gigi telah sampai pada tingkat yang cukup tinggi. Gigi goyang bukan lagi menjadi masalah yang sulit untuk diatasi.