Referat Kedokteran: Epidemiologi Varises Esofagus

Epidemiologi Varises EsofagusYang paling umum penyebab perdarahan GI bagian atas adalah pada bagian duodenal (35%) dan ulcerasi pada bagian gaster (20%).

Pendarahan dari esophageal varices hanya bertanggung jawab untuk 5-11% penyebab perdarahan GI (timbulnya varices tergantung pada penempatan geogrhapic).

Tidak ada rasial, dan jenis kelamin spesifik ada untuk mengembang;kan ke arah yang menurun esophageal varices. perbedaan rasial boleh bertukar-tukar tergantung pada etiologi esophageal varices.

Amerika Serikat

Di negara barat,  penyabab utama dari varises esophagus adalah  hipertensi portal. Yang dimana, hipertensi portal disebabkan oleh  sirosis hepatis. Sirosis hati merupakan penyebab ketiga yang terbanyak menyebabkan kematian setelah kanker dan penyakit  jantung pada orang yang yang berumur 25 – 65 tahun.

Penyebab utama dari sirosis pada negara barat adalah pengguna alcohol, dan beberapa karena virus hepatitis. Beberapa tahun terakhir, kasus sirosis hepatis meningkat karena hepatitis C. Tiap tahunnya resiko esophageal varises meningkat 5 – 15 %. Resiko perdarahan dari varises esofagus 30% setelah identivikasi di tahun pertama.

Internasional

Prevalensi, etiologi dan insiden dari sirosis mungkin berbeda berdasarkan lokasi geografis. Tetapi insidensnya secara internasional dan peningkatan resiko dari esophageal varises sama dengan Amerika Serikat.

Pada bagian luar di negara barat lain penyebab utama sirosis adalah hepatitis B dan C, penyebab keduanya oleh karena penyakit shistosomiasis (mansoni, japonicum bukan oleh hematobium) infeksinya merupakan penyebab utama dari hipertensi portal.