Gejala Klinis Herpes Genitalis

Herpes Genitalis1. Herpes genital primer

Infeksi primer biasanya terjadi seminggu setelah hubungan seksual (termasuk hubungan oral atau anal) tetapi lebih banyak terjadi setelah interval yang lama dan biasanya setengah dari kasus tidak menampakkan gejala. Dilain pihak biasanya memberikan gejala yang tidak berat dari serangan rekuren yang mungkin mengikuti. Erupsi dapat didahului dengan gejala prodromal, yang menyebabkan salah diagnosis sebagai influenza. Lesi berupa papul kecil dengan dasar eritem dan berkembang menjadi vesikel dan cepat membentuk erosi superfisial atau ulkus yang tidak nyeri, lebih sering pada glans penis, preputium, dan frenulum, korpus penis lebih jarang terlihat. Penyembuhan berlangsung 2-3 minggu, tetapi bisa mengakibatkan komplikasi dan gejala yang berat dapat menyulitkan dalam diagnosis. Gejala lokal yang dominan ialah nyeri, rasa gatal, disuria, serta keluarnya cairan uretra dan vagina.

2. Herpes genital rekuren

Setelah terjadinya infeksi primer klinis atau subklinis, pada suatu waktu bila ada faktor pencetus, virus akan menjalani reaktivasi dan multipilkasi kembali sehingga terjadilah lagi rekuren, pada saat itu di dalam tubuh hospes sudah ada antibodi spesifik sehingga kelainan yang timbul dan gejala tidak seberat infeksi primer, faktor pencetus antara lain: trauma, koitus yang berlebihan, demam, gangguan pencernaan, kelelahan, makanan yang merangsang, alkohol, dan pada beberapa kasus sukar diketahui penyebabnya.

Secara kronik lesi mempunyai lesi primer, kelompok vesikel dengan dasar eritem, tetapi gejala inflamasi sudah berkurang, dan berlangsung dalam beberapa hari (6-12 hari). Lokasi anatomi infeksi herpes genitalis rekuren terlokalisir pada daerah genitalia.

Jika seseorang telah terinfeksi HSV maka ia sewaktu-waktu akan dapat terekspos kembali. Setelah virus menjadi tidak aktif, ia akan berjalan menuju saraf pada vertebra dan tinggal untuk sementara. Walaupun lesinya sudah tidak ada, virus tersebut tetap tinggal dalam sel saraf pada tempat yang sama dan tersembunyi, yang berarti virus tersebut inaktif. Biasanya terjadi rekurensi selama tahun pertama.

Loading...