Epidemiologi Penyakit Kondiloma Akuminata

Kondiloma AkuminataPenyebaran penyakit ini kosmopolitan. Faktor kebersihan/ higiene memegang peranan penting untuk timbulnya penyakit ini. Lingkungan yang lembab dan basah mempermudah timbulnya penyakit. Penderita dengan kondiloma akuminata sering sekali memiliki infeksi kelamin yang lain termasuk kandidiasis, trikomoniasis, dan infeksi genital non spesifik.

Insidens infeksi HPV menampakkan peningkatan dalam 35 tahun terakhir. Peneliti dari National Disease and Therapeutik Index yang secara acak meneliti dari praktek dokter pribadi, mengindikasikan pada tahun 1966, 169.000 orang berkonsultasi ke dokter mengenai penyakit ini. Tahun 1984 angka ini meningkat mencapai 1.150.000 konsultasi. Dan sekarang para peneliti mempercayai bila lebih 1 juta kasus baru kondiloma akuminata di diagnosis tiap tahunnya.

Penyakit ini dapat menyerang semua bangsa dimana frekuensi antara laki-laki dan perempuan adalah sama. Suatu penelitian pada klinik penyakit menular seksual di Washington menemukan angka  prevalensi sebesar 13% pada laki-laki dan 9% pada perempuan yang menderita kondiloma akuminata (Departemen Kesehatan AS 1996). Adapun usia rata-rata yang tertinggi ditemukan pada pasangan seksual aktif perempuan muda 25 tahun, dimana prevalensi tertinggi pada usia 17—33 tahun, dengan insidens paling sering pada usia 20-24 tahun.

Loading...