Diagnosis dan Penatalaksanaan Pada Penyakit Moluskum Kontagiosum

Moluskum Kontagiosum Diagnosis

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gambaran klinis yang jelas. Dari basil pemeriksaan histopatologis ditemukan hiperproliferasi sel-sel epidermis yang terinfeksi dan dengan pewarnaan Papanicolaou atau Wright, Giemsa dan Gram dapat terlihat adanya badan inklusi. Antigen MCV dapat dilihat dengan menggunakan teknik imunofluoresensi.

PENATALAKSANAAN

Karena penyakit ini bersifat sembuh sendiri dan bila tidak disertai infeksi sekunder sembuhnya tanpa sikatriks, ada yang menganjurkan untuk tidak melakukan terapi apapun. Namun nyatanya, penyakit ini dapat bertahan berbulan-bulan, bahkan tahunan, dan kian bertambah banyak, maka dapat dilakukan tindakan:

1. Cryosurgery dengan menggunakan nitrogen cair, merupakan metode pengobatan yang cepat dan lebih efektif sehingga sering digunakan, namun perlu diulang dalam jangka waktu 2 – 3 minggu. Pada pengobatan ini dapat terjadi bipopigmentasi atau biperpigmentasi dan skar.

2. Mengeluarkan massa yang mengandung badan moluskum, dengan menusuk lesi dengan jarum.

3. Kuretase, bisa disertai dengan atau tanpa kauterisasi. Pada teknik ini disarankan menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi rasa nyeri.

4. Tretinoin 0,1 krim telah digunakan untuk pengobatan MCV. dioleskan 2 kali sehari.

5. Cidovir 3% krim dapat memberikan basil yang baik pada penelitian untuk mengobati MCV, dengan masa penyembuhan sekitar 2 — 6 minggu.

6. Edukasi, karena penyakit ini merupakan penyakit yang menular secara kontak langsung, penderita perlu diberikan penyuluhan tentang penyakit ini. Pada orang dewasa perlu juga diperiksa pasangannya untuk mencegah reinokulasi.

Beberapa penelitian juga melihat hubungan antara moluskum kontagiosum dengan berenang, juga dilaporkan tentang penggunaan handuk secara bersama-sama.

PROGNOSIS

Pada moluskum kontagiosum, prognosisnya baik. Dengan menghilangkan semua lesi yang ada, penyakit ini tidak atau jarang residif.


Topik Terkait:
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>