Jenis-Jenis Gigi Palsu

Jenis-Jenis Gigi PalsuGigi palsu atau yang sering disebut gigi tiruan memiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah mengurangi iritasi gusi pada tempat gigi yang tanggal, mempertahankan posisi gigi yang lain dalam mulut, dan menjaga letak sebenarnya gigi alami.

Untuk pasang gigi palsu, hendaknya pasien benar-benar mencari dokter gigi yang berpengalaman. Apabila dokter giginya berkualitas, proses pemasangan gigi palsu tersebut tidak akan menimbulkan rasa sakit. Dalam beberapa kasus terjadi, pasang gigi palsu mengakibatkan sakit yang luar biasa pada pasien. Hal tersebut disebabkan kecerobohan dokter ketika memasang pengait gigi pada gusi sehingga mengenai syaraf pada akar gigi, dan inilah yang menimbulkan rasa sakit.

Dalam pasang gigi palsu, pasien tentunya dapat memilih jenis gigi palsu yang sesuai kebutuhan. Jenis-jenis gigi palsu yaitu:

1. Gigi removable prothesis, gigi tiruan yang tidak permanen ini merupakan gigi tiruan yang bisa dicopot dan dipasang sesuai kebutuhan. Gigi tiruan jenis ini biasanya terbuat dari bahan metal putih. Harga gigi palsu jenis removable prothesis relatif murah, namun kualitasnya rendah. Harga gigi palsu jenis ini sekitar Rp 100.000 sampai Rp 250.000. Jenis gigi palsu ini mempunyai beberapa kekurangan diantaranya:

- Plat prothesa pada gigi tiruan tersebut sering terasa mengganjal.
- Mudah berbau, karena makanan sering menyangkut pada sela gigi tersebut.
- Memiliki efek samping, yaitu dapat menimbulkan gusi merah.
- Harus selalu rajin dibersihkan agar terjaga keawetannya.

2. Gigi palsu cekat, gigi tiruan ini berasal dari bahan porselen bermetal semi permanen. Gigi tiruan jenis ini memiliki tingkat keawetan yang lebih baik dari pada jenis yang pertama. Selain itu, pemakaian gigi tiruan ini lebih terasa nyaman. Harga pasang gigi palsu cekat ini ada pada kisaran harga Rp 1 juta sampai Rp 2 juta, tergantung tingkatan bahan porselen yang digunakan.

3. Gigi palsu permanen, jenis gigi palsu ini merupakan jenis gigi tiruan yang memiliki kualitas paling baik. Dibuat dari bahan berkualitas yaitu bahan semen sedimental permanen. Harga pasang gigi palsu jenis ini bisa mencapai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta, karena pasang gigi palsu jenis ini memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Gigi tiruan permanen ini akan ditanamkan pada gusi pasien.


Topik Terkait:
, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>