Menghilangkan Rasa Takut Kedokter Gigi

Menghilangkan Rasa Takut Kedokter GigiMerawat dan menjaga kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan kita, kenapa? karena dengan gigi  kita dapat memasukan makan kedalam mulut dan tentunya sebelum itu harus dikunya dan ditelan.

Apabila kita kurang memperhatikan kesehatan gigi kita maka banyak hal yang akan terjadi bisa-bisa sakit gigi, peradangan pada gusi gigi dan pembengkakan terjadi yang mengakibatkan kita untuk sulit mengkomsumsi makanan yang masuk kedalam tubuh kita.

Banyak cara untuk menjaga kesehatan gigi misalnya dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari, memeriksakan gigi ke dokter gigi, dan tidak makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Untuk menggosok gigi dan menjaga makanan yang dimakan cukup mudah, namun bagaimana untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi akan sulit dilakukan terutama bagi Anda atau orang terdekat yang mengalami dental phobia atau takut dokter gigi.

Selain dental phobia ada phobia lainnya yang berhubungan dengan gigi, misalnya herpetophobia atau takut reptil. Dan salah satu alasan orang yang mengalami phobia ini adalah karena takut dengan gigi-gigi reptil yang tajam. Meskipun kedua phobia ini berhubungan dengan gigi, namun kedua phobia ini sangat berbeda dan tak saling berhubungan. Sehingga tujuan dan cara penanganan kedua phobia ini berbeda.

Untuk dental phobia, tujuannya supaya seseorang tidak takut ke dokter gigi lagi. Adapun cara menangani dental phobia ini adalah:
1. Ajaklah ke dokter gigi meski hanya berdiri di depan ruangannya.
2. Bujuk lagi untuk melihat ke dalam ruangan tanpa ada dokter gigi.
3. Ajak ke ruang gigi dengan ada dokter gigi yang tidak melakukan aktivitas.
4. Setelah itu, perlihatkan dokter gigi yang sedang merawat pasiennya.

Sedangkan untuk herpetophobia, tujuannya adalah supaya tidak takut lagi dengan reptil. Adapun cara menangani herpetophobia ini adalah:
1. Perlihatkan gambar-gambar reptil yang ada di buku atau di majalah.
2. Perlihatkan gambar-gambar reptil yang begerak lewat video atau televisi.
3. Tunjukkan boneka reptil.
4. Ajaklah ke kebun binatang
5. Perlihatkan reptil yang sesungguhnya

Dalam menerapi phobia ini dibutuhkan kesabaran dan keahlian untuk memberikan relaksasi. Karena orang yang diterapi akan takut dan cemas sehingga butuh relaksasi. Namun tidak menutup kemungkinan untuk Anda melakukan hal ini, asalkan selalu ada relaksasi di setiap terapi sehingga tidak membahayakan siapapun.