Infeksi Sinus Disebabkan Batu Amandel

Penyebab Infeksi Sinus disebabkan Batu AmandelBatu amandel, atau tonsillolith, adalah sebuah batu keras yang biasanya berwarna putih. Ini adalah pengapuran berikut: bakteria di mulut, sel- sel darah putih, lendir, serta makanan. Tonsilloliths kelihatan seperti bintik putih pada amandel, dan membawa banya gejala termasuk bau mulut, batuk, sakit tenggorokan, dan sebagainya.

Batu amandel biasanya berbentuk seperti bongkahan atau bintik-bintik putih kekuningan yang bersarang pada amandel.

Tonsil stone mungkin akan menyebabkan ketidaknyamanan ketika menelan makanan, rasa sakit pada tenggorokkan dan mengakibatkan radang amandel cukup sering terjadi. Penyakit amandel ini juga akan menimbulkan bau tidak enak pada nafas Anda.

Infeksi sinus juga dikenal sebagai sinusitis, dapat menyebabkan banyak rasa sakit. Infeksi ini berasal dari peradangan sinus atau dari saluran hidung. Ketika seseorang mengalami infeksi sinus, ada beberapa gejala yang akan membantu Anda untuk mencegahnya lebih awal. Infeksi sinus dapat menyebabkan sakit kepala atau tekanan dalam mata, hidung, daerah pipi atau di satu sisi kepala (migrain). Seseorang yang mengalami infeksi sinus mungkin juga akan mengalami demam, batuk, sesak napas, influensa dan hidung tersumbat, sehingga lendir menumpuk pada kriptus di tenggorokkan. Infeksi sinus atau sinusitis dapat terjadi secara akut (mendadak) atau kronis (jangka panjang).

Bakteri yang biasanya menjadi penyebab terjadinya sinusitis akut adalah Streptococcus pneumoniae. Haemophilus influenzae dan catarrhalis Moraxella. Jamur juga dapat menjadi penyebab meningkatnya sinusitis kronis, terutama pada seseorang yang memiliki penyakit yang dapat melemahkan sistem kekebalan, seperti AIDS, leukimia dan diabetes.

Munculnya batu amandel tidak berarti bahwa Anda juga mengalami masalah infeksi sinus. Infeksi sinus mungkin telah hilang beberapa hari sebelumnya atau dapat muncul beberapa minggu setelah tonsil stone muncul. Malah sebenarnya tonsil stone dapat juga terjadi karena penumpukan lendir di kriptus amandel sehingga membentuk batu amandel yang mengeluarkan bau.

Operasi amandel atau Tonsilektomi adalah operasi untuk mengeluarkan tonsil. Biaya operasi amandel cukup mahal, mengingat batu amandel yang dikeluakan cukup kecil. Biasanya dokter akan memastikan apsien dalam kondisi sehat untuk menjalani prosedur operasi ini. Dokter akan memberikan antibiotik sebelum operasi untuk meminimalkan kemungkinan terjadi infeksi.