Tips Mengurangi Konsumsi Makanan Manis

makanan manisMungkin hampir sepanjang hidup kita, gula telah jadi bagian tak terpisahkan, bahkan lebih dari yang pernah kita sadari. Jadi, kemungkinan kita semua sudah nyandu pada gula. Bagaimana tidak, hampir setiap makanan yang kita konsumsi sehari-hari seringkali dikemas dengan gula, termasuk jus buah, kopi dan teh, yogurt, roti buat sarapan pagi dan segala macam sereal. Bahkan jika Anda meminum soda diet, Anda masih mengkonsumsi hampir 10 sendok teh gula, ukuran maksimum yang diperbolehkan dikonsumsi dalam sehari. gula tak memberi apapun pada tubuh kita, kecuali meningkatkan energi – sama sekali tanpa kandungan vitamin, mineral, serat ataupun anti-oksidan yang dapat Anda temukan dalam makanan alami. Dan terlebih lagi, gula dapat memicu kegemukan. Cara cukup mudah untuk membatasi asupan gula ke tubuh kita.

Berikut beberapa tips-nya:

1. Hapuskan produk-produk kemasan

Loading...

Termasuk yang dibuat dengan tepung  dan pilih makanan dalam bentuk asli  kecuali buah atau jus kalengan. Dan konsumsi lebih banyak buah-buahan.

2. Minumlah banyak air putih sepanjang hari

Karena kadang kita salah mengartikan dehidrasi sebagai rasa lapar. Karena air putih adalah kebutuhan kita sehari-hari.

3. Pilih makanan yang mengadung protein

Makanan jenis ini diserap lebih lama dari pada karbohidrat dan membuat rasa kenyang bertahan lama.

4. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan manis

Disarankan anda seharusnya tidak mengkomsumsi makanan yang manis selama tiga minggu. Setelah selang waktu itu, indra perasa Anda akan mengalami perubahan dan kebutuhan Anda akan makanan manis tak sekuat sebelumnya.

5. Kendalikan dorongan untuk ngemil

Jika Anda menyantap sepotong donat, ambil jeda 15 menit untuk memikirkan makanan itu lagi atau alihkan dengan pergi jalan-jalan. Setelah penundaan ini, keinginan Anda untuk makan makanan manis akan berkurang.

Komsumsi Gula Secara Seimbang.

Siapa yang tidak suka dengan permen,coklat,atau kue. Rasanya yang manis membuat kita semakin menyukainya. Tetapi,makanan manis atau gula sering dianggap sebagai musuh tubuh karena berbagai hal yang bisa ditimbulkan. Apa saja bahaya dari mengkonsumsi makanan manis? Bagaimana cara yang tepat agar dapat menikmati makanan manis dengan seimbang. Gula didapat bukan hanya dari makanan manis, karena makanan seperti nasi, roti, kentang, dan mie memiliki kandungan gula. Begitu juga dalam lauk-pauk dan buah seperti pisang, semangka atau melon.

Berapa Banyak Gula yang Boleh Dikonsumsi?

Mengkonsumsi gula secara seimbang berarti Anda harus mengatur agar karbohidrat yang masuk dalam tubuh seimbang dengan energi yang dikeluarkan. Energi yang dikeluarkan orang tidak sama, karena bergantung pada usia, barat badan dan aktivitas yang dilakukan. Jumlah rata-rata energi yang diperlukan adalah antara 1.500 Kkal untuk orang dengan aktivitas ringan sampai 1.800 Kkal  bila melakukan aktivitas sedang. Angka ini juga termasuk energi yang diperoleh dari lemak dan protein. Karena gula tidak hanya diperoleh dari makanan berkabohidrat, maka agar tetap seimbang maka jumlah karbohidrat yang dapat dikonsumsi adalah 40 persen hingga 50 persen untuk karbohidrat kompleks, dan sisanya 10 persen hingga 15 persen untuk konsumsi karbohidrat sederhana.