Tips Merawat Bayi yang Baru Tumbuh Gigi

Tips Merawat Bayi yang Baru Tumbuh GigiKesehatan bayi sangat perlu apalagi bayi yang belum mempunyai gigi karena bagus dan tidaknya gigi bayi anda nantinya tergantung dari perawatan anda kepada bayi anda agar gigi bayi anda nantinya bisa rapi dan sehat sebaiknya anda dari sekarang sudah memperhatikan kesehatanya dan perawatannya.

Bunda sebaiknya membersihkan mulut bayi Bunda paling sedikit dua kali sehari. Cara membersihkannya, Bunda bisa menggunakan kain atau kasa yang bersih. Basahi kain atau kasa tersebut dengan air yang bersih. Kemudian gosokkan dengan lembut dan perlahan ke mulut bayi Bunda.

Gigi pertama bayi Bunda biasanya tumbuh di bagian tengah rahang bawah pada usia sekitar enam bulan. Habis itu, paling tidak satu bulan sekali, bayi Bunda akan tumbuh gigi baru satu.  Gigi bayi Bunda mulai lengkap ketika ia menginjak usia 2,5 tahun.

Saat tumbuh gigi, biasanya ada sejumlah gejala yang menyertainya. Beberapa gejala bayi Bunda akan tumbuh gigi di antaranya: gusi bayi merah meradang, pipi memerah, bayi jadi suka menghisap dan mengunyah tangannya, mengeluarkan air liur dan cepat marah serta gelisah, suka menggigit dan mengunyah sesuatu.

Seluruh gejala di atas umumnya akan dialami bayi bayi Bunda sekitar 2-3 hari. Gejala-gejala tersebut akan hilang saat gigi bayi Bunda mulai muncul dari gusinya.

Begitu tumbuh gigi pertama, Bunda dapat mulai membersihkannya dengan sikat kecil berbulu lembut. Boleh menggunakan sedikit pasta gigi khusus bayi yang tidak mengandung gula. Sikat gigi dan gusi bayi Bunda dua kali sehari dan sebelum bayi tidur.

Gigi dan gusi bayi perlu dirawat sejak dini agar nantinya anak Bunda tidak memiliki masalah kerusakan gigi saat dia dewasa. Gigi susu pada bayi Bunda pun bermanfaat untuk membantu bayi mengunyah dan berbicara. Pertumbuhan gigi tetap anak juga bergantung pada pertumbuhan gigi susu.