Hati-hati dalam Mengatasi Gigi Selilitan

Hati-hati dalam Mengatasi Gigi SelilitanSelilitan sering terjadi pada gigi disaat anda mengkomsumsi makanana yang berserabut yang membuat makanan tersebut tertinggal diselah-selah gigi anda bila anda mengalamai selilitan sebaiknya anda berhati-hati dalam mengatasinya karena dapat merusak gigi anda.

Biasanya anda melihat ditempat makan kebanyakan orang akan langsung meraih tusuk gigi untuk mengorek serat-serat daging yang tersangkut. Banyak yang berhasil memang, namun cara ini bukan merupakan cara yang dianjurkan oleh para pakar kesehatan khususnya dokter gigi.

Penggunaan tusuk gigi menurut drg Hari, selain tidak praktis juga berisiko memicu berbagai masalah pada gigi. Jika diameter tusuk giginya terlalu besar misalnya, maka bisa memicu kerusakan pada jaringan penyangga gigi.

Meski demikian, drg Hari mengatakan bahwa risiko gigi renggang seperti yang dikhawatirkan banyak orang justru tidak terlalu dipengaruhi oleh penggunaan tusuk gigi. Risiko gigi renggang lebih berhubungan dengan faktor risiko lain, seperti peradangan, atau salah satu gigi pernah dicabut.

“Kalau satu dicabut, (gigi) yang lain bisa bergeser. Bergesernya bisa horisontal, bisa vertikal,” tambah drg Hari.

Apapun caranya, yang paling penting menurut drg Hari adalah bahwa selilit atau serat daging yang tersangkut di sela gigi harus segera diambil atau dibersihkan. Jika dibiarkan, serat daging akan membusuk dan menjadi media yang bagus untuk tumbuhnya kuman penyebab gigi keropos atau berlubang.