Diagnosa Penyakit Dalam Tubuh dengan Telapak Tangan

Diagnosa Penyakit Dalam Tubuh dengan Telapak TanganSeorang yang terjangkit suatu penyakit dalam tubuhnya tentunya memiliki tanda-tanda tertentu seorang dokter hanya melihat dari muka, mata dan lidahnya tapi kini sebuah penelitian dapat mengetahui sebuah penyakit seseorang dilihat dari telapak tangannya.

Salah satu bagian tubuh yang dapat mencerminkan kesehatan seseorang adalah kuku jari kita. Kuku jari kita berbentuk seperti bulan sabit yang terbalik, dan dengan ini kondisi kesehatan akan terbaca. Ada beberapa fakta yang aneh (karena jarang dan mungkin belum pernah kita dengar) tentang kuku jari yang harus kita ketahui.

Berikut adalah tanda-tanda yang harus diperhatikan jika muncul pada telapak tangan Anda:
Kuku tiba-tiba berubah warna
Kuku yang sehat seharusnya berwarna merah muda. Jika kuku Anda berubah warna menjadi kuning kehijauan, maka kemungkinan besar Anda terkena infeksi jamur. Selain itu, kuku yang berwarna kuning juga bisa menjadi pertanda penyakit paru-paru. Sementara itu kulit yang terlihat gelap bisa menjadi tanda-tanda psoriasis. Jika ada perubahan warna pada kuku Anda, ada baiknya segera hubungi dokter.

Bentuk kuku terlihat seperti sendok
Kuku yang sehat terlihat lebar pada bagian bawah dan mengerucut pada bagian atas. Jika kuku Anda terlihat sebaliknya, dan menyerupai sendok, ini merupakan tanda kekurangan zat besi atau anemia. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen zat besi atau banyak makan sayur yang berdaun. Jika kuku Anda terlihat sedikit menggembung seperti bola, maka ini lebih berbahaya lagi. Kuku yang seperti bola menunjukkan adanya penyakit dalam seperti kanker paru-paru atau penyakit jantung.

Munculnya benjolan pada jari
Benjolan pada jari yang dekat dengan kuku adalah tanda pertama untuk osteoarthritis. Benjolan ini muncul karena penyakit yang menyebabkan persendian merenggang dan memunculkan tulang baru.

Tangan terlihat bergetar bergetar
Tangan memang biasanya bergetar dalam skala tertentu, namun jika getaran tangan Anda bisa terlihat dan cenderung berlebihan, maka kemungkinan Anda memiliki gejala penyakit Parkinson, yang mempengaruhi sistem saraf. Namun, terkadang tangan yang gemetar juga bisa disebabkan oleh stres, ketakutan, kebanyakan minum alkohol atau kopi. Anda mungkin juga memiliki getaran tangan yang diturunkan oleh orang tua Anda. Jika tak yakin, segera periksakan pada dokter.

Kulit anda kering
Kulit yang sangat kering bisa menjadi tanda kelenjar tiroid yang kurang aktif dan menyebabkan kulit kehilangan kelembaban. Ini juga bisa berarti Anda terkena alergi dari sabun atau kosmetik. Tangan juga kehilangan kelembaban ketika wanita mengalami menopause, karena kebanyakan kulit menjadi kering ketika tingkat hormon estrogen wanita menurun.

Telapak tangan berubah merah
Sejak dulu, dokter melihat tangan yang merah sebagai tanda kelainan lever. Tangan yang terlihat merah disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar. Hal ini disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang karena kerusakan pada lever. Tanda merah sering terlihat pada tepi luar pergelangan tangan, pangkal ibu jari, sepanjang pergelangan tangan dan jari kelingking. Tanda-tanda lainnya adalah kuku yang berwarna putih dan kulit yang kuning.

Telapak tangan selalu berkeringat
Telapak tangan sering menjadi panas dan berkeringat ketika Anda gugup atau cemas. Namun jika hal ini terus terjadi, maka kemungkinan ada ada yang bermasalah dengan kelenjar tiroid Anda. Tiroid yang terlalu aktif menyebabkan peningkatan metabolisme. Ini berarti Anda membakar terlalu banyak kalori dan berkeringat lebih banyak.


Topik Terkait:
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>