Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

kekurangan vitaminAda kekurangan vitaminkalanya tubuh seseorang mengalami kekurangan zat baik itu vitamin, kalsium atau zat besi. Saat mengalami kekurangan tersebut, tubuh biasanya memberikan tanda tertentu. Tanda yang diberikan oleh tubuh memang tidak disadari oleh semua orang, karena sebagian besar orang justru mengabaikannya. Ini disebabkan ketidaktahuan bahwa yang ditunjukkan oleh tubuh merupakan suatu tanda bahwa ada zat yang kurang.

Ada tanda-tanda yang harus Anda ketahui yaitu:

1. Kuku Gampang Patah

Loading...

Kemungkinan akibat kekurangan zat besi, zink dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi daging, kacang-kacangan dan ikan.

2. Mata Terasa Kering

Kemungkinan kekurangan vitamin A dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi sayuran atau buah yang berwarna hijau, kuning atau orange.

3. Bibir Terasa Pecah-Pecah

Kemungkinan kekurangan vitamin B2. Sebaiknya konsumsi daging dan produk susu.

4. Pecah-pecah di Bagian Ujung Mulut

Kemungkinan kekurangan zat besi, vitamin B12, B6 dan asam folat. Sebaiknya konsumsi daging, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau.

5. Kulit Merah di Wajah Berminyak

Kemungkinan kekurangan vitamin B2, B6, zink atau asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi daging, ikan, unggas dan kerang.

6. Rambut Tipis

Kemungkinan kekurangan zat besi atau zink. Sebaiknya konsumsi daging, kacang-kacangan, produk susu dan kerang.

7. Jerawat

Kemungkinan kekurangan vitamin B kompleks, vitamin E dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi produk hewani, sereal, unggas dan makanan laut.

8. Mata merah

Kemungkinan kekurangan vitamin A dan B2. Sebaiknya konsumsi produk susu, daging, buah atau sayuran berwarna orange dan hijau.

9. Ketombe

Kemungkinan kekurangan vitamin C, B6, zink dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi buah-buahan seperti jeruk, daging, ikan, unggas dan produk susu.

10. Luka Lambat Sembuhnya

Kemungkinan kekurangan zink. Sebaiknya konsumsi produk susu dan kerang.

Manfaat-Manfaat Vitamin

– Vitamin A

Pria yang hanya sedikit memproduksi sperma,seperti ditulis dalam buku Sexual fitness,dapat meningkatkan jumlah spermanya bila mengkonsumsi vitamin A dan E yang memadai. Vitamin A,C,dan E,merupakan antioksidan yang dapat melindungi sperma dari epek buruk radikal bebas. Vitamin A dibutuhkan untuk membentuk hormon seks yang berkait dengan produksi sperma. Tapi food supplement yang mengandung vitamin A,D,E,dan K
bila diminum secara berlebihan dalam jangka panjang akan tertimbun dalam lemak. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan pada sendi. Bahkan pada tingat yang sangat berat,kelebihan vitamin A dapat menyebabkan gangguan jiwa.

– Vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk aktivitas enzim dan metabolisme.
Vitamin ini berperan dalam produksi testosteron, hormon seks yang membangkitkan libido. Vitamin B6 terdapat di wortel,pisang,telur,madu,
kedelai,dan gandum. Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air
sehingga epek negatifnya lebih kecil,tapi kelebihan vitamin B dapat menyebabkan mual bila diminum dengan dosis berlebihan. Jangan minum vitamin B6 lebih dari 200mg per hari. Dosis di atas 2.000 mg sehari dapat mengakibatkan kerusakan otak.

– Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat hebat Vitamin ini adalah dalam jeruk,stroberi,bayam,dan sayur-sayuran hijau lainnnya,tomat,serta brokoli.
Kelebihan vitamin C akan dibuang melalui air seni. Meski demikian,berlebihan mengkonsumsi vitamin C membuat kontraksi usus lebih terangsang dan menyebabkan diare.

– Vitamin D

Jangan makan vitamin D secera berlebihan kerana dapat merusak ginjal dan hati. Di Indonesia sebenarnya seseorang tidak perlu menembah konsumsi vitamin D kerana di Indonesia cukup banyak sinar matahari. Kulit dapat memprroduksi vitamin D bila terkena Sinar ultra violet dari matahari.

– Vitamin E

Vitamin E sering disebut sebagai vitamin seks’kerana berperan dalam pembentukan hormon seks. Pria yang kekurangan vitamin E dapat kekurangn gairah seksual. Kelebihan vitamin E dapat meningkatkan tekenan darah.
Menurut food and Drug Administtration. Amerika, orang cukup mengkonsumsi vitamin E dengan dosis 30 IU sehari.