Tanda dan Mengatasi Setelah Abortus

Tanda dan Mengatasi Setelah AbortusWanita yang sedang mengalami abortus atau keguguran adalah hal yang sangat menyedihkan karena kehilangan sang bayi dalam perutnya sebelum kita membahas lebih jauh masalah abortus ini ada baiknya anda terutama para ibu dan wanita harus tahu abortus itu pengertiannya apa abortus adalah suatu ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan, dan sebagai batasan digunakan kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat anak kurang dari 500 gram.

Sebelumnya mari kita lihat ancaman jenis-jenis keguguran. Ada beberapa macam jenis keguguran yang dimulai dengan ancaman keguguran hingga berada pada kondisi keguguran sempurna.

Ancaman Keguguran (Abortus Imminens).
Ini biasanya masih berupa ancaman dan harusberhati-hati. Karena itu rutinlah untuk memeriksakan kandungan ke Dokter pada trismester awal agar bisa diketahui ancaman keguguran yang terjadi. Tanda-tanda ancaman keguguran sebagai berikut:
1. Hasil pembuahan (embrio) lepas sebagian, atau terjadi perdarahan di belakang tempat embrio menempel.
2. Embrio masih di dalam rahim dan bertahan hidup, sehingga umumnya bisa diselamatkan.

Abortus insipiens
Pendarahan yang sering terjadi, namun janin tetap berada dalam rahim. Rasa mulas akan terus meningkat lebih sering dan kuat. Tanda-tandanya seperti:
1. Sebagian jaringan embrio sudah turun dan berada di mulut rahim, tapi seluruh embrio masih berada di dalam rahim.
2. Perdarahan pervaginam, dengan kontraksi makin lama makin kuat dan sering, serviks terbuka.
3. Kemungkinan untuk melanjutkan proses kehamilan dan mempertahankan embrio sangat kecil.

Keguguran Tidak Lengkap/Sempurna (Abortus Inkompletus)
Keguguran yang terjadi masih menyisakan jaringan di dalam lahir, sehingga jaringan atau bagian janin tidak keluar semua pada saat pendarahan. Tandanya:
1. Sebagian jaringan embrio sudah terlepas dari dinding rahim, dan biasanya ada sebagian jaringan yang sudah berada di mulut rahim.
2. Apabila perdarahan yang terjadi tidak kunjung berhenti, embrio/janin harus segera dikeluarkan.

Keguguran Lengkap/Sempurna (Abortus kompletus)
Tandanya:
1. Embrio yang sudah berbentuk janin, sudah terlepas sama sekali dari dinding rahim.
2. Biasanya terjadi di awal masa kehamilan, yakni ketika plasenta belum terbentuk.
3. Janin akan keluar dari rahim, baik secara spontan maupun dengan alat bantuan kehamilan.

Pasca Keguguran
Yang sebaiknya anda lakukan dan perhatikan setelah ( pasca ) keguguran :
1. Periksa ke dokter kandungan, sehingga faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya keguguran yang Anda alami dapat diketahui. Sedapat mungkin dihindari agar tidak terjadi keguguran berulang pada kehamilan berikutnya.
2. Perhatikan asupan gizi Anda, khususnya zat-zat gizi yang penting untuk membantu mempersiapkan kehamilan dan membantu proses tumbuh-kembang janin kelak. Misalnya, memenuhi kebutuhan asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap hari.
3. Terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan melakukan olahraga secara teratur, dan memenuhi kebutuhan tubuh Anda untuk istirahat (jangan terlalu lelah).

beberapa hal yang patut diperhatikan, bila Anda telah mengalami keguguran.
1. Beristirahatlah Istrirahat berguna untuk mengurangi kelelahan fisik dan psikologis setelah dilakukan kuret. Kuret adalah pembersihan sisa-sisa jaringan yang ada dalam rahim. Menurut Kanadi, pemulihan fisik sangat bergantung pada usia kehamilan, atau ada tidaknya komplikasi saat tindakan. Umumnya,jika tidak terjadi komplikasi waktu pemulihannya antara satu hingga dua minggu. “Tidak perlu istirahat total di tempat tidur. Istirahat dapat diperpanjang sesuai saran dokter, bila ada gejala infeksi atau pendarahan setelah tindakan kuret. Sebaiknya lakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Diharapkan, peredaran darah akan lancar dan bentuk rahim kembali normal seperti sediakala. Hanya saja, hindari aktivitas yang terlalu banyak membutuhkan tenaga. Namun, bila ibu malas beraktivitas malah dapat memperlama masa pemulihan.

2. Lakukan komunikasi dengan pasangan Komunikasikan dengan pasangan, apa rencana selanjutnya. Jangan tenggelam dalam kesedihan dan menyalahkan diri sendiri, karena belum tentu penyebabnya berasal dari ibu.

3. Merencanakan untuk hamil kembali Para ahli memang merekomendasikan untuk menunggu paling tidak satu kali siklus haid sebelum mencoba untuk hamil kembali. Namun, setelah keguguran kesuburan akan segera datang dalam waktu antara dua hingga empat minggu. Hal ini berbeda dengan wanita yang baru melahirkan dan menyusui, di mana terjadi pengeluaran hormon prolaktin (hormon untuk menyusui) yang dapat menghambat kesuburan.

4. Lakukan pemeriksaan ke dokter Bagi yang merencanakan kehamilan berikut, segera lakukan pemeriksaan ke spesialis kandungan. Terutama, untuk yang telah mengalami keguguran sedikitnya dua kali secara beruntun. Semakin sering terjadi keguguran berulang, maka risiko untuk keguguran pada kehamilan berikutnya cukup tinggi. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan bentuk rahim, serta mengevaluasi kondisi hormonal dan sistem kekebalan tubuh Anda. Yang tak kalah penting adalah melakukan wawancara demi mengetahui bila ada kelainan kromosom dari keluarga kedua belah pihak. Bila Anda baru sekali mengalami keguguran dan terjadi pada trimester pertama, umumnya penyebabnya adalah kelainan kromosom. Apabila diakibatkan karena kelainan jumlah kromosom, maka Anda tak perlu khawatir, karena kemungkinan untuk berulang tidaklah terlalu besar. Hal ini akibat kesalahan pembagian kromosom selama proses pembelahan sel saat pembuahan terjadi. Namun, apabila ditemukan kelainan bentuk kromosom, maka akan sulit untuk dilakukan perbaikan, sehingga keguguran dapat kembali berulang.

5. Memasang alat kontrasepsi Jika Anda tak ingin cepat-cepat hamil lagi, segera pasang alat kontrasepsi. Bahkan, bila perlu langsung setelah kuret. Alat kontrasepsi dapat langsung dipasang atau diberikan seusai tindakan kuret, tak perlu menunggu hingga masa menstruasi tiba. Alat atau jenis kontrasepsi yang dapat diberikan setelah keguguran adalah Pil KB, KB suntik, susuk atau alat kontrasepsi dalam rahim (spiral).

6. Waspadai demam Bila setelah kuret, ibu demam menggigil, sakit sekitar perut, kram atau sakit punggung, mengalami pendarahan berlebihan atau terdapat pengeluaran cairan dari vagina yang berbau busuk, segeralah kembali ke dokter. Jangan ditunda. Siapa tahu telah terjadi komplikasi.

Dari keguguran yang dialami, ada banyak pelajaran yang perlu digaris bawahi, berharap hikmah ini suatu saat bisa menjadi bermanfaat buat diri sendiri, bersyukur jika ternyata bermanfaat untuk calon ibu lain.
hikmah keguguran diantaranya:
1. Jangan hanya bersandar pada pendapat satu dokter saja, cari dua bahkan tigapendapat sekaligus demi ketepatan pengambilan keputusan.
2. Dokter pertama yang menyatakan black hole pada kehamilan, tidak terbantahkan oleh dokter kedua yang kemudian didatangi. Akan tetapi keputusan kuretase segera didokter kedua pun kemudian dicarikan pembanding pada dokter ketiga. Ada jeda dua hari yang lumayan melegakan diberikan oleh dokter ketiga untuk tetap menikmati kehamilan dengan penguat ekstra, dan catatan bedrest total. Walaupun berakhir sama, kuretase, akan tetapi akan lebih lega rasanya karena masih terasa usaha keras mempertahankan kehamilan yang tentunya sangat didamba.

Hamil tetangga belum tentu sama hijau dari hamil kita.
Jangan mengambil ukuran kemampuan ibu hamil lain pada kehamilan kita. Berbagi cerita pengalaman kehamilan antara para ibu adalah jamak, akan tetapi menjadikan pengalaman mereka standart untuk kemudian juga kita lakukan adalah tidak tepat karena kehamilan tiap calon ibu adalah unik, penting untuk kita mengukur standart tertinggi yang kita mampu, menjaga kehamilan sebaik mungkin.

Ukuran kondisi fisik tubuh kita sendiri pun, kadang belum tentu menggambarkan kondisi kehamilan yang stabil, karena rahim yang lemah, tidak terdeteksi dari kondisi tubuh gemuk, segar bugar atau gagah. Akan tetapi munculnya flek bisa jadi pertanda. Makan selalu makanan baik yang bergizi tinggi, jangan pernah takut terlihat gemuk, karena membandingkan kehadiran bayi dengan kesenangan pribadi rasanya tidak adil. Praktis buat ibu hamil untuk mementingkan memakan lauk pauk lebih banyak demi asupan protein tinggi bahkan lengkapi denagn minuman madu alami dilengkapi dengan buah-buahan alami. Hindari meminum dan memakan makanan berpengawet, bahkan walau hanya sekedar teh botol pun.

Walaupun masih hamil usia muda, sadarlah untuk mengurangi kelincahan gerak kita, demi mengurangi resiko pada kehamilan yang lemah. Usahakan tidak naik turun tangga dan berlari bahkan bergerak sebebas saat belum diketahui hamil.

Naik ojek masih lebih baik daripada mengendarai motor sendiri buat ibu hamil.
Walaupun sama-sama menggunakan kendaraan motor, akan tetapi akan berefek ke tubuh calon ibu dengan berbeda. Konsentrasi tinggi yang dibutuhkan saat mengendarai motor, dan koordinasi antara kaki, tangan, mata, serta posisi duduk yang tidak santai membuat ibu hamil, bahkan hamil muda dengan gangguan flek menjadi beresiko mengalami pendarahan berulang.

Menyaring hanya pikiran positif kedalam kepala, tidak membebani dengan beban pikiran berat.
Emosi ibu hamil fluktuatif, sehingga penting menuntut kerja sama dari seluruh anggota keluarga untuk tidak membebani ibu hamil dengan beban pikiran yang berat, bahkan pendapat seorang dokterpun akan sangat mampu mempengaruhi perilaku dan tindakan seorang ibu hamil. Demotivasi dan penurunan semangat sangat terasa saat mendengar pendapat dokter tentang kemungkinan rahim yang kosong pada kehamilan saya, sehingga walaupun kepastian pasti baru akan ditentukan dua minggu berikutnya, motif semangat awal yang menyala dalam menjaga kehamilan menjadi menurun bahkan menjadi cuek dan apatis dalam memelihara kehamilannya.

Tetap realistis dalam memilih Rumah Sakit dalam penanganan keguguran
Jika kemudian pendarahan terasa semakin berat, kuret menjadi keharusan, biaya tetap harus diperhitungkan. Biaya kuret di rumah sakit yang hampir sama dengan biaya melahirkan bahkan lebih mahal, membuat ibu hamil untuk tetap pintar memilih. Saya sendiri kemudian memilih Rumah Sakit yang memiliki kerja sama dengan kantor suami sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya. Ini menjadi penting karena dalam peristiwa pendarahan atau kuret yang dialami, kadang terjadi hal yang diluar prediksi.
Pertimbangkan juga lokasi yang mudah dijangkau, dan pelayanan ambulance dalam penanganan pertama, karena akan lebih memudahkan dalam kondisi darurat. Pun jika tidak tersedianya layanan ambulance, selalu siap sedia nomor telepon taksi langganan atau tetangga yang bisa diminta bantuannya dalam mengantarkan ke rumah sakit, apalagi jika suami bekerja diluar kota atau keluarga yang tinggal berjauhan.

Terbukalah kepada perawat dan dokter yang merawat
Untuk dapat menggali informasi sebanyaknya dari dokter yang terkenal hemat bicara, adalah selalu berusaha terbuka dan banyak bertanya. Tidak ada pertanyaan yang tidak akan mereka jawab, sehingga kitalah sebagai pasien yang lebih penting untuk proaktif dan terbuka dalam memberikan informasi semua keluhan bahkan latar belakang kesehatan yang kita alami. Pengalaman saya adalah mendapatkan pelayanan ekstra dari perawat yang begitu ramahnya karena juga suka ditanya kesehariannya, membuat mereka merasa dekat. Dan salah satu yang penting adalah saya mendapat perubahan rencana tindakan terkait dengan latar belakang perlakuan dokter yang memeriksa saya sebelumnya, dan juga empati dari dokter yang ikut merasakan keinginan kuat saya mempertahankan sang janin sehingga memberikan obat terbaik dan jeda waktu keputusan final, kuret. Itu lebih dari luamayn untuk saya.

Pentingkan menjaga silahturahmi dengan keluarga atau tetangga
Bahkan sebagai pribadi yang sangat mandiri pun kita tetap membutuhan orang lain jika harus mengalami Pendarahan, Keguguran atau Kuret. Keluarga adalah orang terdekat yang paling mungkin untuk menemani dalam musibah keguguran yang kita alami, karena kita tidak mungkin mengharapkan orang lain dengan tingkat kesibukan tinggi apalagi yang hidup di ibukota ini untuk segera sigap membantu. Mengantar, menyiapkan kebutuhan di Rumah sakit, mengurus administrasi, menemani saat tindakan dokter, berdiskusi untuk keputusan penting, menenangkan, menghibur bahkan menemani dalam tangis pun adalah sangat berarti buat ibu yang mengalami keguguran.

Ikhlaslah, karena Tuhan selalu memberi yang terbaik.
Tak ada rasa tenang yang bisa didapat setelah peristiwa kehilangan besar dalam hidup, kecuali jika kita ikhlas dan berpasrah. Karena semua anugerah adalah titipanNya, Maha Pengasih yang Maha Tahu, semua yang terbaik atas umat.

Cara Membersihkan Rahim Setelah Keguguran
apabila anda mengalami keguguran dan anda sudah Dikuret, maka anda tidak perlu khawatir, cara tradisional adalah dengan meminum jamu segar wanita habis melahirkan, disamping bahan – bahan jamu segar untuk memulihkan kesehatan juga aman untuk kesuburan. jangan meminum jamu – jamuan yg tidak terjamin keamanannya, sebab bisa bisa anda mengalami kekeringan rahim.
1. Hiduplah sehat dalam arti makan dan minum yg teratur dan penuh gizi.
2. Istirahatlah cukup untuk memulihkan kembali rahim.
3. Melakukan olah raga ringan maka rahim akan sendirinya pulih. dengan demikian hormon estrogen dan progesteron akan kembali menunjang ovarium dalam menghasilkan ovum dalam rangka ovulasi.

kesimpulannya:
pengkuretan sudah cukup membersihkan rahim anda dari bekas2 kehamilan yg gagal, untuk selanjutnya anda hanya membutuhkan asupan makanan dan minuman yg sehat, juga meminum jamuan2an seperti jamu beras kencur atau jamu kunyit + gula jawa + asam sudah cukup untuk memulihkan luka2 dalam.

Kegagalan kehamilan pada awal kehamilan (early pregnancy failure) itu secara umum dibagi dua
1. Kegagalan dibawah 10 minggu
2. Kegagalan di atas 10 minggu atau sdh terdeteksinya detak jantung bayi

Kelompok pertama dikenal seperti blighted ovum, janin tidak berkembang kelainan ini 90 persen disebabkan karena kelainan kromosom atau defek genetik. Terjadi sekitar 30 persen pada setiap kehamilan. Biasanya karena sperma yang membuahi bukan yg bagus materi genetiknya sehingga tubuh secara alami akan mengeliminasi sendiri dan jarang terjadi berulang.

Kegagalan diatas 10 minggu dan janin sdh berdetak disebut kematian mudigah atau kematian janin dalam rahim, sebagian besar juga karena genetik namun bisa jg karena infeksi TORCH ataupun kelainan imunologis. Yang jenis kedua ini harus lebih diwaspadai karena tak jarang sering berulang.

Kegagalan lain yang lebih khusus penanganannya adalah kehamilan anggur atau mola hidatidosa. Nah, pasca keguguran jenis yg pertama dan kedua tidak ada perbedaan dalam hal penyembuhan rahim. Biasanya dalam waktu 2 minggu sebagian sdh ovulasi secara spontan sehingga stl bersih darahnya sdh bisa subur kembali tentu saja tergantung usia kehamilan dan hormonal pasien. Namun pada kejadian keguguran tipe kedua dan yang sudah berulang tentu saja sebaiknya sebelum hamil dilakukan pengecekan kemungkinan faktor penyebab. Kapan boleh hamil lagi? tidak ada perbedaan antara segera hamil maupun menunda. Intinya sesiapnya secara mental lebih utama.

Dokter biasanya hanya memberikan vitamin dan antioksidan saja untuk mempercepat proses recovery. Khusus untuk hamil, anggur saja yang memerlukan pengawasan khusus dan pasien boleh hamil lagi 6 bulan sampai setahun setelah titer hormonnya kembali normal.

Kapan boleh hamil lagi?
Pertanyaan tentang kapan timing yang tepat untuk hamil lagi memang sering muncul. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan setiap individu. “Misalnya, kasus keguguran yang dulu itu hamil pertama atau bukan? Penyebabnya apa? Umur Anda sekarang berapa? Kondisi Anda bagaimana? Kalau semuanya normal-normal saja, sekitar 2-3 bulan setelah menstruasi, Anda boleh hamil lagi.

Kondisi seperti apa, sih , yang dianggap tidak normal? Bila kehamilan lalu merupakan hamil anggur. Masalahnya, keguguran akibat hamil anggur berpotensi untuk jadi penyakit trofoblas ganas. Yaitu, semacam tumor dalam rahim yang terbentuk dari jaringan sel-sel bagian luar pada awal terbentuknya janin, dan bisa menyebar sampai ke paru-paru, otak atau hati. Pada kondisi ini, diperlukan treatment sekitar 6 bulan. Kalau tidak ada tanda-tanda keganasan pada trofoblas, barulah Anda boleh hamil lagi.


Topik Terkait:
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>