Mengungkap Rahasia Obesitas Sebagai Penyakit

Mengungkap Rahasia Obesitas Sebagai PenyakitObesitas dapat membuat orang gemuk kurang termotivasi untuk makan makanan sehat dan menurunkan berat badan, sebuah studi baru menunjukkan. Penelitian ini melibatkan lebih dari 700 orang yang mencari masalahnya secara online. Mereka mencari sebuah artikel tentang kesehatan dan berat badan, dan kemudian untuk menjawab sejumlah pertanyaan. Beberapa peserta membaca sebuah artikel yang menggambarkan obesitas sebagai suatu penyakit, beberapa membaca pesan kesehatan masyarakat standar tentang berat badan, dan sisanya membaca item yang mengatakan obesitas bukanlah penyakit.

Pendapat dokter terbagi mengenai masalah ini. Sebagian menyebut obesitas adalah suatu penyakit, dengan penyebab asupan makanan yang terlalu banyak dan olahraga yang terlalu sedikit. Konsekuensinya kondisi ini bisa membahayakan secara medis. Sebagai penyakit, obesitas akan meningkatkan biaya perawatan bagi pasien.

Sementara sejumlah dokter menyebut obesitas merupakan faktor risiko untuk masalah kesehatan, tetapi bukan penyakit. Menurut mereka, obesitas akan menjadi stigma yang memengaruhi sejumlah populasi sebagai ‘sakit’ padahal sebenarnya bisa saja dalam keadaan sehat.

“Jika kita menyebut obesitas penyakit, itu berarti secara otomatis, sepertiga orang Amerika berada dalam keadaan sakit,” kata Dr Pieter Cohen, asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School, seperti dikutip MyHealthNewsDaily.

Hal ini mengacu pada fakta bahwa sekitar 35 persen orang Amerika mengalami obesitas. “Itu tak masuk akal,” kata Cohen.

Pekan lalu, American Medical Association (AMA) mengangkat pertanyaan apakah untuk obesitas  diklasifikasikan sebagai penyakit. Disimpulkan butuh penelitian lebih lanjut untuk menyebut obesitas sebagai penyakit. Namun, para ahli setuju bahwa obesitas merupakan masalah kesehatan publik yang penting. Dan, diperlukan sistem yang lebih baik dalam menangani orang gemuk.

Alasan disebut penyakit
Penyakit umumnya dianggap sebagai keadaan abnormal, atau suatu kondisi yang mencegah tubuh dari berfungsi dengan baik. Mereka dengan berat badan berlebih dapat menyebankan tubuh sulit berfungsi dengan baik, antara lain gangguan metabolisme dan hormonal yang menyebabkan penyakit.

Seperti diabetes yang disebabkan rusaknya kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah, obesitas adalah hasil dari kerusakan kemampuan untuk mengatur keseimbangan energi, kata Kahan.

Hanya faktor risiko
Sebagian ahli menyatakan obesitas hanyalah salahsatu faktor risiko untuk kondisi medis. Obesitas tidak lantas menjadikan seseorang mengembangkan penyakit tertentu. Sebagian orang gemuk bahkan bisa hidup sehat dan normal.

“Label obesitas sebagai penyakit tidak dibenarkan karena dapat menyebabkan konsekuensi psikologis akibat stigma,” kata Madejski.

Terlepas dari apakah obesitas ini disebut sebagai penyakit, perawatan pasien obesitas perlu perbaikan, kata para ahli. Antaralain mengubah pola pikir medis agar lebih mampu menangani para pasien obesitas.

“Kegemukan bukan sekedar tak boleh makan ini-itu, tapi sesuatu yang jauh lebih kompleks,” ujar Kahan.