Khasiat Minyak Ikan Buat Penderita Gagal Jantung

Khasiat Minyak Ikan Buat Penderita Gagal JantungSetiap tahun kurang lebih dari 10 ribu nyawa tidak bisa diselamatkan karena mengalami sakit jantung akan tetapi menurut penelitian oleh dokter para ahli sakit jantung dapat diatasi dengan minyak ikan. Sebab, suplemen yang mengandung Omega-3 dapat mencegah kematian satu dari hampir sepuluh pasien gagal jantung. Demikian ulasan yang dimuat di The European Journal of Cardiovascular Medicine, baru-baru ini.

Jurnal tersebut mengungkapkan, penggunaan rutin akan mencegah sekitar delapan persen dari pasien dengan gejala sesak napas dan retensi cairan. Manfaat dari minyak ikan terhadap jantung akan mencapai puncaknya dalam waktu dua tahun setelah mulai mengkonsumsi kapsul.

Ahli Jantung dari Inggris mengatakan panduan internasional kini sedang ditulis ulang dengan mengikutkan saran agar pasien gagal jantung mengkonsumsi kapsul itu setiap hari. Sekitar 700 ribu warga Inggris menderita penyakit gagal jantung, 68 ribu kasus baru didiagnosa setiap tahun, dan gagal jantung diperkirakan membunuh 100 ribu orang setiap tahun. Sebanyak 7.000 pasien penderita gagal jantung dipantau selama 4,5 tahun dalam studi yang berpusat di Italia.

Ada penurunan angka kematian sekitar sembilan persen bagi mereka yang mengkonsumsi minyak ikan segar. Selain itu ada penurunan delapan persen pada angka rawat inap di rumah sakit.

Professor Martin cowie yang berbicara di Kongres The European Society of Cardiology di Swedia mengatakan, jika 500 ribu pasien mengkonsumsi suplemen secara rutin maka ada 10 ribu nyawa dalam setahun akan terselamatkan.

Asam lemak Omega-3 merupakan asam lemak alami yang dapat ditemukan pada ikan yang mengandung minyak, kacang kedelai, biji bunga matahari, biji rami, biji labu, dan kacang kenari. Asam Lemak penting bagi hidup orang dewasa untuk kesehatan jiwa mental. Secara khusus juga membantu pasien penyakit jantung dan mereka yang mengidap radang sendi .

Loading...