Penambalan Gigi Geraham Pada Anak

Penambalan Gigi Geraham Pada AnakPertumbuhan gigi geraham seringkali tidak diperhatikan karena letaknya yang tidak terlihat apalagi pada anak yang usianya belum cukup 4 tahun. Bagi orang tua seharusnya memperhatikan betul hal ini karena gigi geraham permanen itu tidak ada gantinya, karena keseringan terlewatkan sehingga berlubang. Pertanyaannya apakah bisa gigi geraham yang berlubang pada anak dapat di tambal?

Jika karies sudah mencapai rongga pulpa yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah, apalagi kalau mahkotanya sudah rusak total dan gusi sudah bengkak, maka sudah tidak bisa ditambal seperti biasa. Jadi seharunya gigi tersebut harus dirawat saluran akar terlebih dulu, di mana saluran akar dibersihkan dari jaringan mati dan bakteri-bakteri. Jika tidak dilakukan malah justru akan merugikan karena infeksi terus berlangsung dan bukan tidak mungkin malah mempengaruhi benih gigi tetap di bawahnya yang sedang tumbuh.

Oleh karena itu perawatan saluran akar membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, karena infeksi di gigi dan saluran akar harus disembuhkan dulu, baru nanti dilakukan restorasi yaitu memperbaiki mahkota gigi agar dapat berfungsi kembali. Bila perawatan berhasil, gusi yang bengkak akan sembuh seperti semula. Gigi atas tetap bisa ditambal, selama karies gigi tersebut masih belum mencapai rongga pulpa.

Info penting bagi seorang ibu seharunya memeriksakan dan merawat gigi anak Ibu yang masih berusia 4 tahun. Gigi memang harus dirawat sedini mungkin, dan dengan membiasakan anak ke dokter gigi walaupun hanya sekedar untuk periksa maka diharapkan anak tidak akan takut ke dokter gigi bila nanti sudah besar.