Waspadai Kanker Kolorektal dan Mengantisipasinya

Waspadai Kanker Kolorektal dan MengantisipasinyaKanker kolorektal adalah kanker yang dimulai dari dalam usus besar atau rektum. Kanker usus besar dan kanker rektum memiliki banyak fitur yang sama akan tetapi dalam hal pengobatan memiliki bagian yang tertentu dan akan dibahas secara terpisah.

Jika anda merasa susah buang air besar di saat pagi hari itu bertanda anda memiliki gangguan dalam hal kesehatan dan jangan terlalu meremehkan hal tersebut, apalagi jika kondisi yang anda alami dibarengi dengan sembelit berkepanjangan, diare, buang air disertai darah, dan perut kembung. Hal itu bisa saja menjadi tanda-tanda gejala dari kanker usus besar (kolorektal).

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari sebuah rumah sakit mengatakan kanker kolorektal merupakan bentuk pertumbuhan abnormal sel-sel atau pebentukan tumor yang terjadi di kolon (usus besar) dan rektum. Sel-sel tersebut dapat bermetastasis atau menyebar dan merusak jaringan lain sehingga dapat disebut dengan sel kanker.

Cosphiadi menjelaskan bahwa sasaran utama dari kanker kolorektal adalah struktur saluran pencernaan. Apabila tidak diberikan pengobatan dengan segera, sel kanker bisa menyebar ke paru-paru, hati, dan juga organ tubuh lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya cedera pada organ tubuh yang berbeda, yang disebabkan oleh sel kanker, sehingga membuat organ tubuh tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kanker kolorektal merupakan salah satu kanker yang cukup mematikan. Walaupun demikian, gejala kanker ini bisa dikenali dengan mudah, yakni cukup dengan memperhatikan pola buang air besar. Cosphiadi mengatakan bahwa kanker ini dapat dilawan dengan melakukan pendeteksian dini dan segera diobati.

Salah satu cara untuk mencegah kanker usus besar adalah dengan memperhatikan pola makan dan minum sehari-hari. Hal ini bertujuan agar proses buang air besar menjadi lancar, khususnya di pagi hari. Minum air putih di pagi hari adalah salah satu cara terbaik agar proses buang air besar menjadi lancar.