Mengenal Resesi Gusi dan Mengantisipasinya

Mengenal Resesi Gusi dan MengantisipasinyaResesi gusi mengacu pada hilangnya progresif dari jaringan gusi, yang akhirnya dapat menyebabkan paparan akar gigi jika tidak diobati. Resesi gusi terjadi paling umum pada orang dewasa di atas usia 40, namun proses dapat dimulai pada usia remaja. Resesi gusi bisa sulit untuk mendiagnosa diri dalam tahap awal karena perubahan sering terjadi asymptomatically dan secara bertahap. Regular pemeriksaan gigi akan membantu untuk mencegah resesi gusi dan menilai faktor risiko yang terjadi.

Adapun penyebab resesi gusi terjadi sebagai reaksi terhadap penyikatan yang terlalu agresif tetapi juga dihasilkan dari luka atau sebagai kemajuan alami pada jaringan gusi yang tipis dan lembut. Kebanyakan orang mengalami resesi ringan.

Adapun gejala resesi gusi dapat membuat gigi sangat peka terhadap dingin, makanan manis, atau sentuhan. Itu bisa disertai dengan hilangnya tulang dan bisa membuat gigi lebih rapuh terhadap cavitis akar.

Loading...

Dalam pengobatan diperlukan ketika gusi atau gigi sensitive atau ketika penumpukan plak dan sulit untuk dihilangkan. Pengobatan meliputi prosedur pencangkokan, dimana jaringan lembut diangkat dari akar pada mulut atau dari jaringan donor dan dijahit sampai daerah tersebut.