Faktor Utama Bau Mulut Tidak Enak

Faktor Utama Bau Mulut Tidak EnakSungguh membuat orang merasa risih dan tidak nyaman jika kendala yang datang dari bau mulut mereka walaupun penampilan terlihat ok, namun bau mulut tidak sedap, akan membuat orang-orang yang berbicara dengan anda akan merasa lain-lain dan menghindari anda dan tentunya anda juga akan merasa tersinggung dengan hal itu. Berikut yang membuat bau mulut anda tidak sedap yang kami dapat dari beberpa sumber.

1. Penggunaan tembakau
Jika anda seorang yang perokok tentunya datangnya dari rokok tersebut namun jika anda bukanlah seorang perokok mungkin disebabkan oleh penyebab lain. Itulah penggunaan tembaku yang membuat kebanyakan orang akan merasakan bau mulut mereka tidak sedap cobalah untuk berhenti merokok agar bau mulut anda dapat teratasi. Tanyakan kepada dokter atau dokter gigi untuk saran dan dukungan.

2. Apa yang Anda makan
Mengkomsumsi makanan tertentu seperti bawang putih sangat berkontribusi terhadap bau mulut, Cobalah tidak mengkomsumsi bawang putih jika anda akan berbicara dengan orang penting atau ketika anda hendak kekantor. Namun ketika anda mengkomsumsi bawang putih cobalah mendiamkan sekitar 10 menit lalu sikat gigi anda dan mengkomsumsi permen yang dapat menghilangkan sisa-sia bau dari mulut anda.

3. Mulut kering
Mulut kering juga salah satu yang membuat bau tak sedap kelaur dari mulut anda karena kekuarangan cairan cobalah minum air putih untuk mengatasinya agar partikel makanan dan bakteri dapat hilang jika tidak diatasi maka dapat menyebabkan bau yang tidak menyenangkan jika bakteri tersebut bersarang lama dalam mulut anda.

4. Infeksi
Bau tidak sedap yang keluar dari mulut mungkin karena sesuatu seperti terjadi infeksi dalam mulut anda. Cobalah pergi kedokter untuk melakukan evaluasi. Bau mulut bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi termasuk infeksi saluran pernapasan, sinusitis kronis atau bronkitis, diabetes, atau masalah hati dan ginjal, sehingga penting untuk mengantisipasi secepatnya agar masalah cepat teratasi.

5. Kurang konsumsi karbohidrat
Terlalu banyak mengkonsumsi protein dan lemak akan tetapi kurang asupan karbohidrat ternyata juga menjadi penyebab nafas tidak enak. Kekurangan karbohidrat juga bisa membuat tubuh akan mengolah protein dan lemak menjadi energi, tetapi proses yang disebut ketosis ini juga diiringi efek samping berupa nafas tidak enak yang bahkan tidak bisa dihilangkan dengan menggosok gigi atau berkumur.

6. Konsumsi obat-obatan
Pastinya yang dimaksud di sini bukan mengenai obat-obatan tertentu, melainkan hal negatif yang terjadi apabila Anda mengkonsumsi obat-obatan dan kurang minum. Pil dan tablet cenderung membikin mulut kering, padahal keberadaan air liur sangat penting untuk mencegah bau mulut. Jadi, apabila mulut kering, maka bahaya nafas tidak enak bisa hadir. Untuk itu, banyak-banyaklah minum air putih saat Anda mengkonsumsi obat.

7. Obesitas
Hasil peelitian menyebutkan mereka yang mempunyai berat badan berlebihan cenderung memiliki aroma nafas yang kurang enak. Hal tersebut disebabkan banyaknya organisme dalam usus besar yang mengeluarkan gas-gas tertentu sehingga mulut beraroma tidak enak.

8. Infeksi saluran pernafasan
Bronchitis, asma atau bahkan flu bisa menjadi penyebab nafas tidak enak. Alasannya karena adanya sekresi cairan hidung yang merembes ke mulut dan tenggorokan. Mengkonsumsi banyak air putih sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal ini.

Cara terbaik untuk menghilankan bau mulut adalah untuk mengikuti rutinitas perawatan mulut menyeluruh termasuk menyikat gigi dua kali sehari dan flossing setiap hari untuk menghilangkan partikel makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulu . Obat kumur hanya meningkatkan bau mulut untuk jangka pendek, dan jika Anda memiliki masalah kronis, dokter gigi Anda mungkin menyarankan untuk menggunakan antimikroba untuk membantu menjaga bakteri menyerang.


Topik Terkait:
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>