Pengaruh Melatonin Terhadap Kesehatan

Pengaruh Melatonin Terhadap KesehatanMelatonin adalah merupakan hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indol amino, yang disintesis oleh kelenjar pineal yang terletak di dalam otak dari senyawa asam amino triptofan. Melalui pencerapnya, melatonin berperan dalam berbagai proses fisiologis seperti ritme biologis, regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas. Melatonin diproduksi dengan jumlah yang banyak saat kita masih berumur anak-anak usia remaja namun semakin bertambah usia seseornag maka produksi dari melatonin akan semakin berkurang dan hampir tiddak memproduksi pada usia 80-an sehingga membantu untuk proses tidur dibutuhkan suplemen melatonin.

Suplemen melatonin juga tersedia dalam bentuk pil dan jenisnya ada dua macam melatonin alami dan sintetis. Melatonin alami terbuat dari kelenjar pineal hewan. Formulir ini dapat terkontaminasi dengan virus sehingga tidak dianjurkan sedangkan dalam bentuk sintetis melatonin tidak membawa resiko sama sekali. Jika Anda tidak yakin apakah melatonin Anda alami atau sintetis , tidak ada salahnya menanyakan kepada dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsinya jangan sampai terdapat gangguan kesehatan nantinya karena namanya obat tentu mengandung bahan kimia yang memiliki efek buruk terhadap tubuh.

Penggunaan dosis melatonin
1. Dosis Melatonin untuk Anak-anak
University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa dosis melatonin untuk anak -anak di bawah 15 tahun adalah kurang dari 0,3 mg / hari. Penelitian menunjukkan bahwa dosis hingga 10 mg umumnya tidak menimbulkan efek samping. Namun dalam beberapa kasus, dosis 1 sampai 5 mg berpotensi mengakibatkan kejang pada anak-anak.

Loading...

2. Dosis Melatonin untuk Insomnia pada Orang Dewasa
Merekomendasikan dosis sebesar 3 mg untuk insomnia. Jika dosis ini tidak menunjukkan hasil setelah 3 hari, coba tingkatkan dosis hingga 5 sampai 6 mg yang dikonsumsi satu jam sebelum tidur. Dosis yang efektif akan membuat Anda tidur nyenyak tanpa perasaan lelah di siang harinya.

3. Dosis Melatonin untuk Jet Lag pada Orang Dewasa
Merekomendasikan dosis 0,5 sampai 5 mg melatonin yang diambil satu jam sebelum tidur menunjukkan hasil yang efektif untuk mengatasi jet lag. Sebagai pencegahan, cobalah mengkonsumsi satu dosis melatonin sebelum melakukan perjalanan. Mengkonsumsi 1 sampai 5 mg melatonin satu jam sebelum tidur selama dua hari sebelum keberangkatan dan dua sampai tiga hari setelah kedatangan diyakini dapat mencegah jet lag.

4. Dosis Melatonin untuk Depresi pada Orang Dewasa
Ambil dua dosis dengan interval selama empat jam pada sore hari. University of Maryland Medical Center merekomendasikan 0,125 mg sebagai dosis yang direkomendasikan.

Apakah melatonin memiliki efek pada penuaan?
Melatonin juga memiliki efek anti penuaan, sehingga produk ini sangat baik untuk wanita menjelang menopause. Semakin lanjut usia seseorang, produksi Melatonin juga berkurang, karenanya melatonin juga sangat baik untuk lansia.

Apakah melatonin memerlukan resep dokter?
Di Amerika Serikat, melatonin tidak dijual sebarangan di toko obat. Namun, produk melatonin tidak diklasifikasikan sebagai obat yang harus diatur oleh US Food and Drug Administration ( FDA ). Karena produk melatonin tidak diatur oleh sebuah badan pemerintah, kemurnian, keamanan, dan efektivitas tidak dapat dijamin.

Apakah melatonin memiliki efek samping ?
Efek samping dari Melatonin adalah terjadinya interaksi dengan obat yang kita pakai. Sebelum menggunakan melatonin Anda perlu memastikan akan ada tidak interaksi obat dengan cara berkonsultasi dengan dokter Anda. Efek samping yang jarang adalah sakit kepala, pusing, perut tidak nyaman, mimpi buruk, kantuk di siang hari, tidur sambil berjalan, kebingungan, perubahan tekanan darah dan penurunan suhu tubuh.

Haruskah saya mengambil melatonin untuk masalah tidur atau jet lag?
Mungkin lebih baik tidak mengambil melatonin sampai kita tahu lebih banyak tentang hal itu. Jika Anda memutuskan untuk mencobanya, konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Pastikan untuk memberitahu dia jika Anda memiliki kondisi medis, sudah mengkonsumsi obat ( resep atau OTC ) atau produk herbal , dan jika Anda sedang hamil atau menyusui. Tidak jelas apa efek dapat memiliki melatonin pada bayi yang belum lahir atau bayi.