Penyebab Lidah Berjamur (Oral candidosis)

Penyebab Lidah Berjamur (Oral candidosis)Lidah berjamur (Oral candidosis) merupakan infeksi jamur ragi dari genus Candida yang ditandai dengan munculnya  lendir pada bagian dalam mulut dan diatas lidah selain didalam mulut biasa juga dijumpai pada kerongkongan, usus, dan saluran genital.  Hal ini sering disebabkan oleh Candida albicans, atau kadang oleh Candida glabrata dan Candida tropicalis. Orang yang menderita lidah berjamur sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa buat pasien tertentu.

Gejala
Infeksi mulut oleh spesies lidah berjamur biasanya memunculkan kumpulan lapisan kental berwarna putih atau krem pada membran mucosal (dinding mulut dalam). Pada mucosa mulut yang terinfeksi mungkin muncul radang (berwarna merah). Orang dewasa mungkin mengalami rasa tidak nyaman atau rasa terbakar.

Kelompok yang beresiko:
1. Bayi yang baru lahir,
2. Penderita Diabet, khususnya bagi yang tidak mengontrol diabetnya,
3. Sebagai efek samping dari obat-obatan, yang paling sering obat antibiotik. Corticosteroids (sejenis hormon steroid) hisap/hirup untuk perawatan kondisi paru-paru (misalnya Asma) bisa juga berdampak pada candidiasis mulut.
4. Orang-orang dengan immunodefisiensi (misalnya penderita HIV/AIDS atau pengobatan kemoterapi).
5. Perempuan yang sedang mengalami perubahan hormonal, seperti kehamilan atau mereka yang menggunakan pil pengontrol kelahiran.
6. Orang sehat yang dengan sadar/tidak sadar telah mendatangkan kontak secara rutin dengan ragi, misal pengguna gigi palsu dan perokok.

Jika anda menjumpai jamur yang terdapat pada lidah bayi maka sebaiknya anda berhati hati khususnya buat para ibu karena kemungkinan besar bayi anda diserang infeksi jamur Candida untuk mengantisipasinya sebaiknya berikan terapi berupa Nystatin drop, di mana untuk dosis dan resepnya silakan berkonsultasi langsung dengan spesialis anak terdekat.

Permasalahannya juga berbeda jika ditemukan lidah yang tidak berjonjot, anda harus melihat dan mengamati apakah posisi tetap atau berpindah-pindah. Jika lokasinya berpindah-pindah dan hilang timbul, itu hanya goegrafic tongue, yang merupakan tanda alergi. Biasanya akan bertambah jelas bila daya tahan tubuh sedang rendah. Sering sekali diduga ini jamur.

Jika seperti ini permasalahannya, biarkan saja, justru kita tahu anak sedang turun daya tahannya sehingga kita bisa hati-hati. Namun jika menetap dan berpengaruh pada sistem pengecapan, ibu dapat konsultasikan dengan dokter THT.

Pengobatan buat lidah berjamur
Untuk pembaca umum, jangan coba beli obat sendiri tanpa resep dokter karena bisa membuat kuman resisten (kebal) terhadap obat. Harap ditanyakan pada dokter/medis yang berkompeten, untuk dokter/medis


Topik Terkait:
, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>