Ini Dia Tips Mengatasi Fobia Kehamilan

Ini Dia Tips Mengatasi Fobia KehamilanKehamilan adalah masa yang paling dinantikan bagi setiap wanita menikah. Namun ternyata tidak semua wanita bahagia dengan berita kehamilan, beberapa diantaranya meragukan tentang apa hebatnya kehamilan,tidak berhenti disini ada beberapa wanita yang justru menganggap kehamilan sebagai pengalaman yang mengerikan dan menakutkan.

Ketakutan yang dialami wanita seperti diatas adalah jenis fobia kehamilan yaitu kondisi dimana wanita memiliki ketakutan untuk hamil dan melahirkan anak. Fobia ini sering disebut dengan tokophobia.

Penting untuk mengatasi fobia ini. Wanita dengan tokophobia primer adalah mereka yang mungkin belum memiliki pengalaman nyata yang perlu untuk ditakuti. Hal ini berbeda dengan tokophobia sekunder yaitu mereka yang memiliki ketakutan akan kehamilan akibat pengalaman yang menyakitkan di kehamilan sebelumnya.

Loading...

Tokophobia memiliki tingkatan yang berbeda antara wanita satu dengan lainnya. Biasanya ketakutan ini muncul di usia remaja dan semakin berkembang seiring bertambahnya usia.

Ketakutan ini biasanya membuat wanita memutuskan untuk melakukan caesar. Jika dibiarkan, tokophobia akan membuat depresi dan kecemasan. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi fobia kehamilan, dilansir Boldsky:

1. Dukungan

Jika pasangan Anda bermasalah dengan fobia ini, penting untuk memberinya dukungan dan perhatian. Berada disampingnya dan berbicara padanya tentang bagaimana sudut pandangnya tentang kehamilan. Hamil memang penting, namun lebih penting membuat pasangan Anda menjalani kehamilan yang bahagia.

2. Mengerti

Lakukan komunikasi secara terbuka dengan pasangan, dan cobalah untuk mengerti bagian mana dari kehamilan yang membuatnya takut. Beberapa wanita merasa takut akan adanya makhluk asing yang tumbuh dalam perut mereka, beberapa diantaranya merasa takut akan rasa sakit yang akan diderita saat melahirkan. Mengerti tentang kekhawatiran mereka, bisa membantu Anda merancang rencana yang tepat untuk mengatasi fobia kehamilan.

3. Memiliki pengetahuan lebih

Daripada sekedar membayangkan, akan lebih baik jika mengetahui lebih banyak tentang kehamilan, dimana kehamilan adalah proses fisiologis. Hindari berada pada forum dan diskusi dimana orang bisa bebas mengatakan apapun tanpa bukti ilmiah. Jauhkan diri dari mitos. Bacalah buku kedokteran tentang kehamilan.

4. Menjadi positif

Berikan pengertian bahwa diluar sana ada jutaan wanita yang telah mengalami pengalaman hamil yang aman, termasuk ibu Anda.

5. Konsultasi dokter

Ada situasi dimana anda perlu untuk menemui ahlinya. Jangan merasa berkecil hati atau malu mengenai masalah ini, karena anda bukan satu-satunya yang menghadapi masalah ini. Melakukan konsultasi dengan ahlinya adalah ide terbaik bagi kebanyakan wanita untuk mengatasi fobia