Ingin Melahirkan Dengan Normal, Ini Dia Tipsnya

Ingin Melahirkan Dengan Normal, Ini Dia TipsnyaKetika wanita hamil diberi pertanyaan lebih memilih melahirkan normal atau sesar, sebagian besar pasti memiliki untuk bisa bersalin normal. Meskipun, karena beberapa sebab calon ibu harus menjalani operasi sesar untuk melahirkan si kecil.

Nah, jika Anda memang ingin sekali melahirkan normal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu Anda mencapai keinginan tersebut, seperti dirangkum setengahbaya.info, Kamis (21/8/2014).

– Jaga berat badan

Loading...

Jagalah berat badan Anda supaya tidak terlalu gemuk saat hamil. Lakukan olahraga rutin, hindari stres, dan tetap mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Penelitian di Kanada menemukan bahwa obesitas memengaruhi perkembangan pembuluh darah di plasenta yang bisa membatasi oksigen pada janin.

“Bayi-bayi di dalam rahim telah diprogram untuk merespon hal-hal yang terjadi pada ibunya sehingga dapat tumbuh menjadi penderita obesitas, hipertensi, diabetes dan masalah pada jantung kelak di kemudian hari,” kata dr Andree Gruslin, spesialis obstetri ginekologi dari University of Ottawa.

– Tidak setop olahraga

dr Ryan Dickerson MD, dokter kandungan di Baton Rouge mengatakan usahakan Anda melakukan olahraga 30 menit setiap hari. Tak usah terlalu berat, sepeda statis, berenang, atau jalan santai bisa dijadikan alternatif.

“Gerakan selama olahraga akan melatih fleksibilitas pinggul Anda yang bisa membantu proses persalinan nantinya. Selain itu, otot-otot pada tubuh juga dengan lebih mudah meregang,” tutur dr Dickerson.

– Tetap aktif

Ketika tiba waktu perkiraan Anda melahirkan, tetap lakukan aktivitas seperti biasa. Hal terpenting, selama melakukan aktivitas normal, tetap penuhi kebutuhan makanan, cairan, rileks, dan istirahat yang cukup.

Tapi tak ada salahnya Anda menyiapkan beberapa peralatan untuk di RS nantinya. Ketika berbelanja misalnya, usahakan cari tempat yang dekat dengan RS. Jika ingin aman, beraktivitaslah di rumah. Saat perut terasa sangat mulas atau ketuban sudah pecah, segeralah meminta pertolongan medis.

– Hindari hal-hal yang membuat ‘parno’

Berbagi dengan teman atau keluarga memang tak ada salahnya. Tapi baiknya hindari cerita-cerita yang bisa membuat Anda justru khawatir atau ketakutan untuk melahirkan normal. Selain itu, usahakan jangan menonton tayangan yang menyajikan betapa seramnya melahirkan normal.

Hal ini berguna untuk membuat Anda makin percaya diri menghadapi persalinan normal dan yakin bahwa persalinan normal adalah proses yang alamiah dan sehat.

Justru, perbanyak informasi yang bermanfaat tentang pengalaman menyenangkan dan sukses bersalin normal. Bisa melalui buku, internet, atau penuturan teman dan anggota keluarga.

– Percayalah pada tubuh Anda

Dikatakan dr Dickerson, tubuh wanita sudah dirancang sedemikian rupa untuk mengandung selama 9 bulan, vagina dan pinggul dipersiapkan untuk melahirkan bayi dan otak menghasilkan endorfin untuk mengurangi rasa sakit saat bersalin.

“Percayalah bahwa melahirkan adalah proses alami dan tubuh Anda sudah disiapkan untuk menjalani proses tersebut, Kecuali jika ada komplikasi yang menyebabkan keadaan gawat dan berakibat fatal bagi ibunya,” ucap dr Dickerson.