Wah, Ini Dia Kebiasan Yang Dilakukan Yang Bisa Membuat Seseorang Cepat Tua

Wah, Ini Dia Kebiasan Yang Dilakukan Yang Bisa Membuat Seseorang Cepat TuaKamu kelihatan capek dan tidak segar deh’. Kalimat tersebut bisa saja keluar dari mulut orang di sekitar ketika melihat penampilan kita. Kata capek dan tidak segar bisa merujuk pada kondisi tubuh yang lemas serta wajah yang muram atau terlihat lebih tua.

Ketika Anda merasa tak terlalu banyak pekerjaan, tidur cukup, dan tidak stres, tetapi selalu dibilang terlihat lelah dan lebih tua, pastinya kondisi itu membuat Anda bertanya-tanya.

Jangan khawatir, coba cek kembali apakah Anda kerap melakukan kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat seseorang terlihat lelah dan tua seperti dirangkum setengahbaya.info, Senin (25/8/2014).

Loading...

– Minum kopi setiap hari

Minum kopi di pagi hari bisa saja diperlukan beberapa orang untuk penghilang kantuk. Tapi, dikatakan dr Robyn Gymrek, direktur kosmetik dermatologi, kafein bisa membuat kurit keriput, kusam, dan kering.

“Kafein juga bisa membunuh antioksidan yang bisa melindungi elastisitas kulit. Usahakan konsumsi kopi tidak lebihd ari empat cangkir kopi sehari. Lebih baik, gantilah kopi dengan teh hijau atau minuman lain yang mengandung antioksidan,” tutur Gymrek.

– Sering mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan yang umumnya tinggi glukosa dan karbohidrat bisa membuat tubuh menggemuk dan mengakibatkan peradangan pada kulit dan kerusakan kolagen. Sistem kekebalan tubuh pun bisa menurun hingga kulit terlihat tidak segar.

“Jangan terlalu sering mengonsumsi asupan tinggi fruktosa, tepung putih, dan minyak yang terhidrogenasi serta makanan olahan umum lainnya,” ujar dermatolog, Dr Amy Wechsler.

– Tidur tengkurap

“Di malam hari, tubuh akan melepaskan air dari aliran darah ke jarungan lunak, termasuk wajah. Ketika tidur dalam posisi tengkurap, cairan tersebut bisa berhenti di area mata sehingga membentuk kantong mata yang membuat Anda terlihat lelah dan lebih tua,” papar Gymrek.

Untuk itu, ia menyarankan Anda untuk tidur telentang dengan bantal yang tidak terlalu tinggi.

– Hal-hal pemicu alergi

Alergi debu atau cuaca tak hanya membuat seseorang bersin-bersin tetapi juga menciptakan lingkaran hitam di bawah mata akibat adanya peradangan. Sebabm ketika terjadi peradangan, peningkatan aliran darah akan membawa pigmen yang akan menetap di area mata.

Untuk itu, saat gejala alergi mulai terlihat segeralah mengonsumsi antihistamin atau obat lain guna mengontrol alergi.

– Tidur di ruangan dengan udara kering

Udara kering di kamar tidur bisa membuat Anda terbangun dengan kondisi tubuh gatal dan mata merah. Menurut National Institute of Health, tidur di ruangan dengan udara kering bisa menimbulkan kelembaban dan menyebabkan pembuluh darah membesar.

Akibatnya, Anda terlihat lelah dan lebih tua. Untuk itu, usahakan untuk sedikit melembabkan udara di ruangan.