Pakaian Yang Berbahan Polyester Dapat Memicu Bau Badan

Pakaian Yang Berbahan Polyester Dapat Memicu Bau BadanUsai olahraga, Anda pasti akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Keringat yang bercampur dengan bakteri bakal menimbulkan bau badan yang tentunya membuat Anda tidak percaya diri. Nah, jika tidak mau bau badan usai berolahraga sebaiknya Anda menghindari mengenakan pakaian dengan bahan polyester.

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Applied and Environmental Microbiology menyebut pakaian dengan bahan polyester akan membuat pemakainya lebih berbau tidak enak ketimbang katun setelah melakukan olahraga. Sebab terdapat bakteri di polyester yang menyebabkan bau lebih mudah muncul.

Dalam penelitiannya, para peneliti mengumpulkan kaus dari 26 orang sehat yang mengikuti latihan secara intensif. Para peserta dalam penelitian diminta bersepeda selama sejam. Setelah itu baju yang dipakainya diinkubasi selama 28 jam sebelum diperiksa oleh tim pemeriksa bau yang telah terlatih. Para peneliti juga meneliti taksonomi bakteri pada kaos dan di ketiak.

Chris Callewaert dari Ghent University, Belgia, yang terlibat dalam studi ini mengatakan bakteri penyebab bau yang utama pada pakaian adalah micrococcus. Bakteri ini dikenal memiliki potensi enzimatik yang bisa mengubah asam lemak rantai panjang, hormon, dan asam amino menjadi lebih kecil, dan mudah menguap. Karena itu bisa menimbulkan bau tak sedap yang khas.

“Micrococcus bisa tumbuh dengan lebih baik di bahan polyester,” ujar Callewaert.

Sementara itu, ada juga corynebacteria yang menjadi penyebab utama bau di ketiak. Namun demikian bakteri ini tidak bisa berkembang di tekstil.

Bau badan adalah sesuatu yang sangat mengganggu orang lain dan membuat penderitanya malu. Untuk menghindarkan seseorang dari bau badan, Callewart menyarankan agar mengenakan pakaian berbahan katun. Dengan bahan katun, maka masalah bau badan akan berkurang hingga batas tertentu.

“Ini adalah hal kecil yang bisa dilakukan orang dengan bau badan untuk mengatasi masalahnya sendiri. Sebab beberapa orang secara psikologis merasa tertekan untuk membicarakannya dengan orang lain, atau pada saat keluar rumah karena takut orang-orang akan membicarakan bau badannya,” kata Callewart, dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (5/9/2014).