Beberapa Faktor Penyebab Diserang Rasa Kelelahan

Beberapa Faktor Penyebab Diserang Rasa KelelahanMerasa diri kelelahan merupakan hal yang sering kebanyakan orang mengalaminya. Jika di pagi hari anda merasa sangat berat untuk bangun pagi dan beranjak dari tempat tidur, jangan anggap sepele, karena gejala ini bisa mengganggu performa Anda seharian.

Kelelahan dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu fisik dan mental.
– Kelelahan fisik, otot kita tidak dapat melakukan kegiatan apa pun semudah seperti sebelumnya. Kita mungkin menyadari ini waktu kita naik tangga atau membawa kantong penuh dari pasar.
– Kelelahan mental, kita tidak dapat memusatkan pikiran seperti dahulu. Jika makin berat, mungkin kita malas bangun dari ranjang waktu pagi atau malas melakukan tugas sehari-hari.

Sebenarnya hal ini termasuk wajar, bila saja Anda mengalaminya sewaktu-waktu. Namun, jika gejala kelelahan terjadi secara berkelanjutan, maka sudah waktunya untuk mengenali penyebab-penyebabnya. Berikut faktor-faktor yang perlu diperhatikan, seperti disarikan dari healthyandnaturalworld.com:

Loading...

1. Kekurangan nutrisi dan jenis makanan yang Anda konsumsi
Seperti kendaraan, Anda makan demi mendapatkan bahan bakar. Kita memerlukan makanan untuk fungsi metabolisme tubuh. Kuncinya adalah dengan mengonsumsi bahan bakar, maksud kami, makanan yang tepat sebagai penyokong energi bagi tubuh Anda. Berikut detilnya:

a. Kurang mengonsumsi lemak
Dengan mengurangi konsumsi lemak, berarti Anda telah menghilangkan sumber energi berharga. Anda hanya harus lebih jeli lagi memilih sumber lemak yang tepat. Ada 3 tipe lemak: jenuh, tak jenuh dan lemak trans atau asam lemak trans. Lemak jenuh dan trans berpotensi menyumbat pembuluh darah, jenis-jenis ini lah yang sebenarnya jahat terhadap tubuh Anda. Makanan-makanan semisal alpukat, kacang dan ikan yang mengandung asam lemak dasar, kiranya perlu tetap ada dalam menu Anda.

b. Makanan pemicu peradangan
Beberapa makanan memiliki sifat susah dicerna dan berperan sebagai pemicu peradangan. Protein (gluten) dan susu dapat menyebabkan kelelahan. Cobalah untuk mulai mencoret keduanya dari daftar diet dan kemudian perhatikan dampaknya bagi Anda.

c. Kekurangan vitamin dan mineral
Kurang mengonsumsi beberapa jenis vitamin dan mineral dapat pula menyebabkan efek kelelahan yang kronis. Hal terpenting adalah untuk memperhatikan asupan zat besi, vitamin D dan B. Kekurangan zat besi atau anemia, lazim ditemui pada wanita dengan periode menstruasi yang hebat.

d. Kurang minum
Apabila dalam pembuluh darah kita kekurangan cairan, tekanan darah pun menurun, yang akhirnya membuat kita merasa semakin letih. Air adalah pilihan tepat, di samping juga teh herbal.

2. Faktor kesehatan
Masalah fisik dan psikis dapat membuat tubuh Anda sangat lelah. Beberapa kondisi tubuh yang berhubungan dengan gejala kelelahan antara lain: pencernaan bermasalah, memiliki penyakit diabetes dan jantung, hormon tidak stabil, serta stres.

3. Pola tidur buruk
Perhatikan kebiasaan dan pola tidur. Apakah Anda kerap tidur setelah larut malam, susah payah untuk bangun dari tempat tidur pada pagi hari, bahkan hingga menjadi sebuah rutinitas? Jika ya, ada baiknya Anda mulai menerapkan disiplin dan higinitas pada pola tidur Anda.

4. Kurang berolahraga
Setidaknya lakukan 40 menit sesi olahraga, dengan pola 4 kali dalam seminggu dan perhatikan bagaimana perkembangan energi yang terjadi pada tubuh Anda.

5. Zat beracun
Perhatikan kembali interaksi Anda dengan berbagai sumber racun, seperti plastik, logam, pestisida, zat aditif, dan lain-lain.

6. Obat-obatan
Banyak jenis obat-obatan yang Anda konsumsi sebenarnya berefek menimbulkan kelelahan. Obat-obat yang ditujukan untuk penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes dan depresi memiliki dampak menurunnya energi Anda. Maka, diskusikan kembali pola pengobatan Anda dengan dokter. Dan jelas, menjaga kesehatan tetap lebih baik dari apa pun.