Kegunaan Obat Cetinal Buat Kesehatan

Kegunaan Obat Cetinal Buat KesehatanCetinal adalah tablet kunyah mengandung Cetirizine diHCl 10 mg yang merupakan suatu antihistamin. Cetinal sangat diindikasikan untuk mereka yang mengalami gejala-gejala rinitis alergi musiman, rinitis alergi perennial, dan urtikaria idiopatik kronik pada orang dewasa dan anak-anak usia 6 tahun atau lebih dari 6 tahun.

Dosis dan cara pemberian pada penderita
• Dewasa dan anak-anak lebih dari 6 tahun: Satu tablet kunyah 10 mg setiap hari.
• Saat ini, tidak ada data yang mensyaratkan bahwa dosis perlu dikurangi pada pasien usia lanjut.
• Pada pasien dengan fungsi ginjal yang terganggu, dosis harian sebaiknya dikurangi setengahnya. Jika dibutuhkan, dosis dapat dikonsumsi 5 mg pada waktu pagi haridan 5 mg pada sore hari. Cetinal harus dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan. Cetinal dapat diminum dengan atau tanpa air dan tidak dipengaruhi makanan. Waktu pemberian dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Kontraindikasi
Cetinal dikontraindikasikan untuk: Pasien dengan hipersensitivitas terhadap Cetirizine atau Hydroxyzine atau komponen lain dari Cetinal.

Peringatan dan perhatian
• Kejadian mengantuk telah dilaporkan pada beberapa pasien yang mengkonsumsi Cetirizine; oleh karena itu hati-hati bila mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin.
• Penggunaan Cetirizine bersamaan dengan alkohol atau depresan sistem saraf pusat lain sebaiknya dihindari karena dapat terjadi peningkatan penurunan kewaspadaan dan kerusakan sistem saraf pusat.

Interaksi obat
Tidak terdapat interaksi obat yang secara klinis bermakna dengan Theophylline pada dosis rendah, Azithromycin, Pseudoephedrine, Ketoconazole, atau Erythromycin. Terdapat sedikit penurunan pada klirens Cetirizine yang disebabkan oleh Theophylline dengan dosis 400 mg; Theophylline dengan dosis yang lebih besar mungkin dapat memiliki efek yang lebih besar. Percobaan terhadap Diazepam dan Cetirizine mengungkapkan bahwa tidak ada bukti adanya interaksi. Sebagaimana antihistamin lainnya, disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan.

Kehamilan dan menyusui, Penggunaan Cetirizine pada wanita hamil sebaiknya dihindari. karena Cetirizine telah dilaporkan diekskresikan ke dalam air susu ibu, maka tidak dianjurkan penggunaan Cetirizine pada ibu menyusui.

Efek samping
Ada beberapa laporan mengenai efek samping ringan dan bersifat sementara seperti sakit kepala, pusing, mengantuk, agitasi, mulut kering dan kelainan pencernaan. pada beberapa orang, reaksi hipersensitivitas termasuk reaksi kulit dan angioedema dapat terjadi.

Overdosis dan penanganan
Mengantuk, bisa merupakan salah satu gejala overdosis, timbul karena penggunaan dosis tunggal 50 mg Cetirizine. Agitasi dapat terjadi jika Cetirizine digunakan pada anak-anak. Dalam kasus overdosis, bilas lambung sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan pengobatan biasa. Hingga saat ini, belum ada antidote spesifik.


Topik Terkait:
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>