Penyakit Mulut Saat Memasuki Usia Tua

Penyakit Mulut Saat Memasuki Usia TuaNamanya penyakit tidak memandang bulu semua pasti dapat merasakannya apalagi jika sudah tergolong lanjut usia atau sudah tua kekebalan tubuh tentunya juga ikut menurun berbagai macam penyakit pasti akan mudah untuk menyerang dan salah satunya adalah penykait mulut merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Sangat penting bagi anda memperhatikan hal ini sebab jika tidak akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan anda.

Oleh karena itu anda tentunya harus mengetahui berbagai macam penyakit mulut yang bisa saja menyerang anda pada usia lanjut. Di bawah ini beberapa kondisi mulut yang biasa menyerang anda di usia lanjut. Berikut 4 jenis penyakit mulut pada usia lanjut.

1. Kehilangan gigi.
Kehilangan gigi pada lansia tentunya kerap terjadi. Hal ini disebabkan oleh terkikisnya karies gigi. Selain itu penyakit seperti penyakit periodontal, diabetes, dan kebiasaan merokok merupakan pemicu seseorang akan kehilangan giginya saat di usia lanjut. Jika kehilangan gigi efek yang ditimbulkan tentunya tidak boleh dianggap remeh. Kualitas makan anda saat kehilangan gigi akan mempengaruhi anda dalam mendapatkan utrisi yang cukup dari makanan.

2. Penyakit Gusi.
Penyakit pada gusi disebabkan oleh penumpukan plak gigi. Hal ini disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga dan memberikan dampak yang buruk pada gusi. Selain itu kebiasaan merokok bisa memperparah adanya plak pada gusi anda. Plak juga merupakan salah satu penyebab utama hilangnya gigi.

3. Mulut kering.
Mungkin saat anda masih mudah mulut tidak terlalu kering namun jika sudah tua hal ini dapat terjadi. Dalam dunia medis mulut kering lebih dikenal dengan Xerostomia ketika saliva atau air liur berkurang jumlahnya dalam mulut anda. Hal ini bisa menyebabkan menurunnya selera makan dan juga memberikan radang pada mulut.

4.  Penyakit periodontal.
Penyakit ini adalah kondisi di mana penyakit gusi dibiarkan sehingga infeksi akan mejalar ke jaringan penyangga gigi. Pada usia lanjut kepadatan tulang berkurang sehingga penyakit gusi tidak membaik dan memberikan dampak terhadap melambatnya proses metabolisme secara fisiologis.

Keempat penyakit ini adalah sebagian dari beberapa penyakit gigi yang dialami para lansia, mulailah memperhatikan kesehatan gigi sejak dini, dengan menyikat gigi secara teratur pada waktu yang tepat, kontrol teratur ke dokter gigi, makan makanan yang bergizi dan tidak merokok. Pilihlah juga pasta gigi yang baik untuk kesehatan gigi, mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang, serta memiliki kandungan Microgranule yaitu butiran-butiran halus yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan Zinc-Citrate yang melindungi gigi dari bakteri dan plak hingga 24 jam.

Tentunya, Anda tak mau mengalami hal-hal ini ketika usia lanjut kan? Seperti itulah beberapa penyakit mulut pada saat usia lanjut. Semoga dengan artikel diatas anda dapat mengerti pentingnya kesehatan mulut dan gigi sejak dini.