Perut Tampak Lebih Menonjol, Cepat Lakukan Tes Kolesterol

Perut Tampak Lebih Menonjol, Cepat Lakukan Tes KolestrolCoba perhatikan bentuk tubuh Anda saat ini, apakah bagian perut tampak jauh lebih menonjol dibandingkan bagian dada? Jika ya, ada baiknya Anda melakukan tes kolesterol.

“Banyak orang yang menimbang berat badannya normal, tinggi badannya juga proporsional, tapi begitu diukur lingkar perutnya di atas normal. Ini namanya kegemukan di perut,” ‎tutur Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr Em Yunir, SpPD-KEMD, dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Indosurya Plaza, Jakarta, dan ditulis pada Kamis (25/9/2014).

Nah, kondisi lingkar perut yang berada di atas normal ini menurut dr Yunir merupakan gangguan kolesterol. Ia menegaskan jika perut seseorang tampak lebih ‘maju’ dibandingkan bagian dadanya, maka kemungkinan besar ia memiliki kolesterol tinggi.

Loading...

Jika sebelumnya Anda sudah didiagnosis dengan diabetes, maka Anda disarankan untuk melakukan cek kadar kolesterol. Apabila hasilnya menunjukkan kadar lemak trigliserida Anda tinggi, sementara kadar lemak baik (lemak HDL) rendah, maka Anda bisa dinyatakan terkena sindroma metabolik.

Sindroma metabolik sendiri merupakan kumpulan gangguan metabolisme dari diabetes yang dapat dideteksi dari adanya gangguan parameter lemak, kalori dan parameter terkait lainnya.

Jika diabetesi sudah terkena sindroma metabolik, maka ia berisiko juga untuk terkena penyakit jantung, stroke dan penyakit pembuluh darah lain. Untuk menjaga kadar trigliserida dan kolesterol HDL tetap normal, Anda disarankan juga untuk membatasi kalori, meningkatkan aktivitas fisik dan membatasi asupan santan serta nasi/karbohidrat.