Meningkatkan Kadar Asam Urat dengan Makanan Tinggi Purin

Meningkatkan Kadar Asam Urat dengan Makanan Tinggi PurinAsam urat merupakan zat sisa metabolisme tubuh yang seharusnya bisa diekskresikan secara sempurna melalui system ekskresi. Namun pada penderita asam urat, system itu tidak berjalan dengan sempurna, sehingga asam urat akan membentuk Kristal-kristal dan mengendap pada persendian. Hal itu sangat menyakitkan ada sebagaian makanan yang diketahui mengandung jumlah purin (purine) yang sangat tinggi yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Peningkatan kadar asam urat sangat dapat berbahaya bagi anda menderita diabetes atau mereka yang rentan terhadap asam urat dan nyeri sendi, serta dapat memicu masalah ginjal. Orang-orang yang memiliki masalah asam urat biasanya diberitahu oleh dokter untuk menghindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Purin kebanyakan ditemukan dalam daging dan lemak, tetapi dapat ditemukan pula dalam kadar moderat pada sayuran tertentu.

Berikut adalah daftar makanan yang memiliki kadar purin tinggi:
1. Seafood
Seafood atau makanan laut seperti mackerel, herring, sarden dan belut mengandung tingkat tinggi purin. Makanan lain seperti kerang, tiram, udang, kepiting dan lobster juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Tidak hanya dalam bentuk segar, makanan laut kaleng atau asap juga harus dihindari.

2. Jeroan
Jeroan seperti hati, ginjal dan otak memiliki kandungan tinggi purin dan dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Daging ayam dan daging sapi sebenarnya juga mengandung purin, tetapi dalam jumlah lebih rendah dibandingkan jeroan.

3. Kacang-kacangan
Kacang kedelai dan kacang polong meningkatkan kadar asam urat dalam darah, baik dalam bentuk segar atau kering. Kacang-kacangan yang mengandung kafein, seperti biji kakao dan kopi, juga meningkatkan kadar asam urat bersama dengan makanan yang mengandung kafein lainnya.

4. Ragi
Ragi roti dan ragi bir mengandung jumlah tinggi purin, yang berarti bahwa bir dan makanan yang dibuat menggunakan ragi (mis: roti) harus dihindari atau dikurangi.

5. Sayuran dan Buah
Sebagian besar makanan yang kaya purin umumnya merupakan makanan berbasis protein sehingga sangat sedikit buah-buahan dan sayuran yang memiliki kadar purin tinggi. Alpukat harus dihindari karena kandungan lemak tinggi, sedangkan asparagus, kembang kol, jamur dan bayam memiliki tingkat moderat purin. Makanan yang digoreng juga meningkatkan produksi asam urat, sehingga sayuran yang digoreng juga harus dihindari.