Ini Efek Yang Akan Terjadi Jika Menggunakan Kosmetik Yang Sudah Kadaluarsa

Ini Efek Yang Akan Terjadi Jika Menggunakan Kosmetik Yang Sudah KadaluarsaAnda pasti jarang memperhatikan kemasan kosmetik Anda, bukan? Ya, banyak orang memperlakukan kosmetik, tidak sama dengan mereka memperlakukan makanan. Jika memilih makanan yang akan dibeli, seringkali tanggal kadaluarsa menjadi salah satu faktoryang dilihat pada kemasan. Tapi, ketika Anda membeli kosmetik, mungkin Anda melupakan tanggal kadaluarsanya, bukan? Sekalipun apotek kadaluarsa sering menjadi issu dan masalah di negeri ini, namun tetap saja banayk orang lengah untuk melakukan pemeriksaan sebelum membeli.

Coba Anda lihat meja rias Anda dan amati, berapa banyak kosmetik yang Anda punya dan berapa banyak yang sudah kadaluarsa, atau minimal mendekati tanggal kadaluarsa. Utamanya untuk kosmetika yang jarang digunakan. Terlebih jika Anda juga orang yang malas berdandan, akibatnya koleksi kosmetik kadaluarsa Anda juga semakin banyak.

Lalu apa efeknya untuk kesehatan Anda, jika tanpa sengaja Anda menggunakan kosmetik kadaluarsa, tanpa Anda ketahui. Pastinya, sesuatu yang kadaluarsa memiliki efek tersendiri untuk tubuh, karena tidaklah mungkin produsen membuat tanggal kadaluarsa jika bukan sebagai warning agar Anda tidak menggunakannya setelah tanggal tersebut.

Loading...

Misalnya saja, jika Anda menggunakan bedak kadaluarsa, atau pelembab kadaluarsa, jika Anda pemilik kulit sensitif maka akan sangat mungkin kulit Anda menjadi alergi. Alergi bisa muncul dalam beragam bentuk, seperti gatal-gatal, ruam kemerahan atau rasa panas seperti terbakar.

Lain lagi jika tanpa sengaja Anda menggunakan mascara yang kadaluarsa. Seperti diketahui, untuk membuat produk-produk obat yang akan digunakan di mata, produsen akan membuatnya dalam keadaan steril. Nah jika tanpa sengaja mascara kadaluarsa Anda mengenai mata, maka tentu tidak akan baik efeknya untuk mata Anda. Jika cairan mascara kadaluarsa, maka kandungan bakteri di dalamnya akan semakin banyak. Dan, jika bakteri tersebut mengenai mata, sangat mungkin menyebabkan infeksi pada mata Anda.

Perkara kosmetik kadaluarsa ini memang menjadi perhatian pemerintah, selain kosmetik yang mengandung mercuri. Hal ini disebabkan, pengguna sendiri sering kurang mewaspadainya karena kosmetik dianggap bukan produk pangan. Jika Anda sering membeli kosmetik, namun sangat jarang menggunakannya, seperti lipstick, mascara atau produk penghias mata lainnya, pastika produk tersebut tersimpan di meja rias Anda, masih dalam keadaan yang baik. Dan, jika Anda ingin menggunakannya, jangan lupa untuk melihat kembali tanggal kadaluarsanya.

Kewaspadaan akan bahaya kosmetik kadaluarsa adalah tanggung jawab kita bersama, baik pengguna, pemerintah dan tentu saja distributor dan perusahaan yang membuatnya.