Pertanda Seorang Wanita Terjangkit Kanker Payudara

Pertanda Seorang Wanita Terjangkit Kanker PayudaraBagi semua wanita mungkin salah satu orang yang paling pribadi dan paling sensitif yaitu payudara. Para wanita seharusnya mengetahui jika sangat penting untuk memeriksa kondisi payudara secara berkala. Benjolan, penebalan, dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan patut diwaspadai sebagai indikasi kanker. Rasa gatal, kulit mengelupas, atau ruam di payudara selama berminggu-minggu juga perlu diwaspadai. Perubahan lain pada kulit payudara, seperti bengkak, kulit tertarik ke dalam, atau mengerut, juga harus dicurigai sebagai gejala terjadinya sesuatu yang tidak baik di payudara Anda.

Wanita merupakan objek paling sering terserang penyakit kanker payudara yang sangat berbahaya yang sebaiknya di waspadai agar Anda dapat mendeksi lebih dini sehingga bisa di cegah atau di atasi lebih cepat. sehingga dalam penyembuhannya tidak membutuhkan waktu yang lama dan anda akan segera terbebas dari penyakit yang berbahaya ini. Pada artikel ini akan kita bahas seputar pertanda seorang wanita jika terserang kanker payudara sebetulnya kaum pria juga dapat terkena kanker payudara akan tetapi sangat jarang sekali pria terkena kanker payudara. wanita lah yang sangat rentan terkena jenis penyakit berbahaya ini. Diantaranya :

1. Benjolan Di Payudara
Umumnya benjolan terdapat di bagian bawah kulit payudara, dan ukurannya kurang lebih sebesar kacang polong. Bila benjolan tersebut ditekan dan dapat bergeser, berarti kanker payudara masih masuk ke dalam gejala awal yang ringan dan bisa langsung ditangani. Tetapi jika benjolan sudah tidak digeser dan terasa keras, artinya kanker sudah memasuki stadium lanjut. Benjolan ini juga bisa ditemukan di permukaan ketiak.

2. Pembengkakan dan nyeri di bagian puting
Payudara yang membengkak dan terasa berat atau nyeri perlu diwaspadai. Tidak seperti pembengkakan payudara pada wanita yang sedang hamil, pembengkakan akibat kanker akan terlihat tidak sama besarnya antara payudara kanan dan kiri. Untuk membedakan dengan kista, lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan sinar ultrasonik.

3. Keluarnya darah atau cairan aneh
Cairan yang keluar dari puting susu biasanya berbentuk darah atau nanah yang berwarna kuning kehijauan. Umumnya tidak keluar terlalu banyak, tetapi cukup mengganggu dan biasanya diikuti dengan rasa nyeri pada permukaan payudara dan rasa gatal pada daerah sekitar puting. Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan ductogram, yaitu sejenis pemeriksaan kelenjar susu dengan mengamati cairan yang keluar lewat mikroskop.

4. Perubahan warna dan tekstur kulit
Biasanya warna kulit payudara akan memerah dan terdapat permukaan yang bersisik seperti kulit jeruk. Kulit akan terasa kasar dan kaku, disertai dengan timbulnya luka yang bengkak dan terasa panas. Biasanya pada ibu menyusui payudara juga akan merasakan hal seperti ini, tetapi bedanya permukaan kulit tidak menyerupai kulit jeruk. Perhatikan bedanya dengan seksama.

5. Puting tenggelam
Meskipun jarang terjadi, pertumbuhan sel kanker payudara di sekitar areola (lingkaran cokelat di sekitar puting) juga bisa menyebabkan puting tenggelam atau menjorok ke dalam. Jika gejala ini muncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa minggu, ada kemungkinan terjadi pengencangan kelenjar susu yang diakibatkan oleh terdesaknya sel tumor atau kanker.