Penyebab dan Pengobatan Lidah Anak di Tumbuhi Jamur

Penyebab dan Pengobatan Lidah Anak di Tumbuhi JamurTerjangkit infeksi jamur dapat terjadi di seluruh bagian tubuh kita, termasuk juga di didalam rongga mulut. Sedangkan bila jamur menyerang bagian dalam rongga mulut dapat muncul di berbagai tempat namun yang amat sering adalah di permukaan lidah, kulit yang mengitari mulut, atau pojok mulut. Seorang bayi atau anak yang masih kecil dapat juga menjadi korban terinfeksi jamur mulut. Untuk mengetahuinya biasanya lapisan atau bercak-bercak putih kekuningan yang menimbul di lidah yang mungkin dikelilingi oleh daerah kemerahan.

Apabila lapisan atau bercak ini dicoba dibersihkan atau diusap, maka dapat terlepas, namun meninggalkan daerah kemerahan yang mudah berdarah. Infeksi jamur ini perlu dibedakan dengan penyebab lainnya. Bayi mungkin mempunyai putih-putih di lidah yang merupakan penumpukan sisa-sisa produk susu yang kurang bersih. Umumnya lapisan putih ini dapat mudah dibersihkan dengan kasa atau handuk lembut, dan tidak meninggalkan daerah yang merah atau berdarah.

Awalnya bercak-bercak putih ini tidak menimbulkan rasa sakit. Namun apabila sering terkelupas dan teriritasi, maka akan menyebabkan rasa sakit dan panas di mulut yang dapat menyebar ke tenggorokan. Pada bayi, dapat juga disertai infeksi jamur di daerah selangkangan (ruam popok/“diaper rash”). Bayi mungkin rewel, banyak menangis, dan terlihat kurang semangat saat menyusui.

Ibu menyusui yang terinfeksi jamur dapat menjadi sumber penularan jamur Candida dan sebaliknya bayi dapat menyebabkan infeksi pada puting susu ibu. Ibu juga mungkin mempunyai infeksi jamur di vagina karena pada saat kehamilan hal ini memang cukup sering terjadi. Di payudara dirasakan sebagai rasa panas dan sakit pada puting susu atau payudara setelah menyusui, dan kemerahan pada puting susu.

Mengapa bisa muncul jamur di lidah?
Adanya jamur di lidah adalah karena infeksi dari jamur jenis Candida. Sebetulnya setiap orang mempunyai jamur Candida di mulut. Jamur ini langsung menjadi penghuni rongga mulut begitu bayi dilahirkan, umumnya karena penyebaran dari genitalia ibu atau kontak dengan kulit dan benda lainnya yang terkontaminasi jamur. Namun infeksi terjadi apabila keseimbangan kuman-kuman di mulut terganggu, sehingga jumlah jamur Candida menjadi berlebihan.

Orang pada tiap usia dapat menjadi penderita infeksi jamur di mulut, namun ada beberapa keadaan yang meningkatkan kemungkinan seseorang menjadi terinfeksi seperti:

1. Setelah konsumsi antibiotika atau pemakaian obat kumur antibakterial yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan keseimbangan kuman di mulut terganggu.

2. Pemakaian gigi tiruan atau anak yang memakai alat meratakan gigi (kawat gigi) lepasan (yang berupa plat) yang kurang bersih atau kurang pas sehingga menimbulkan luka di mulut yang mudah dihuni jamur.

3. Pemakaian obat kortikosteroid yang menekan sistem pertahanan tubuh kita.

4. Usia bayi, kehamilan, dan usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi jamur.

5. Adanya penyakit dalam jangka waktu lama.

Pengobatan jamur di lidah
Pengobatan jamur di lidah adalah memakai obat anti jamur, yang paling sering digunakan adalah nystatin, yang berupa cairan yang diteteskan di mulut bayi empat kali sehari. Dokter anak atau dokter gigi anak dapat memberikan dosis yang sesuai dengan umur anak Anda. Umumnya pengobatan dilakukan 7 sampai 10 hari. Bercak putih akan segera hilang, namun ingat: obat perlu dilanjutkan 3 hari setelah bercak hilang. Apabila bayi juga menderita ruam popok dapat juga diobati dengan salep anti jamur yang sesuai. Hindari pemakaian “baby wipes” yang mengandung alkohol karena dapat semakin mengiritasi bagian selangkangan yang terinfeksi.

Apabila ibu menyusui juga terinfeksi, maka penting untuk diobati untuk mencegah infeksi ulang ke bayi. Salep anti jamur dapat dioleskan di puting susu ibu tiga sampai empat kali sehari. Ibu perlu berkonsultasi ke dokter apabila ada gejala infeksi jamur pada vagina.

Adalah penting untuk mensterilkan setiap peralatan makan/minum atau mainan (dot, botol, empeng, gelas, alat makan,“teething ring”) yang masuk ke mulut bayi, karena dapat juga menyebabkan infeksi berulang.

Kenapa muncul terus menerus?

Apabila infeksi jamur di mulut sering muncul kembali, ada beberapa hal yang perlu dicermati:
1. Pastikan alat makan/minum, serta mainan yang masuk mulut bayi selalu bersih. Jamur Candida memang ada dimana-mana sehingga dapat mengontaminasi dengan mudah.

2. Pastikan anak tidak memakai dot/empeng atau minum susu botol secara berlebihan, karena dapat menyebabkan lembab dan pecahnya kulit di bagian dalam mulut yang mudah dihuni jamur. Botol dan empeng sebaiknya dibuang dan diganti dengan yang baru apabila anak sering infeksi berulang.

3. Pastikan gizi anak cukup dengan pola makan yang seimbang sehingga mempunyai kekebalan tubuh yang baik.

4. Bayi dan anak (terutama anak yang sudah cukup besar) namun infeksi jamur sulit hilang atau sering berulang perlu diperiksa terhadap adanya penyakit lainnya.

Pemeliharaan lidah bayi dan anak-anak
Lidah seringkali menjadi bagian yang diabaikan pada saat membersihkan rongga mulut. Pada bayi, lidah perlu dibersihkan dari sisa-sisa susu yang mengumpul di lidah. Alat untuk membersihkan sederhana sekali: bisa berupa kain kasa atau handuk lembut yang dibasahi air matang hangat. Sekarang ini juga tersedia sikat khusus untuk lidah, salah satunya bisa dipasangkan di jari tangan sehingga mudah untuk dikontrol.

Pada saat anak berusia 1 tahun ke atas dan mulai diperkenalkan dengan sikat gigi, maka lidah anak juga dapat disikat. Memang pada awalnya anak mungkin mempunyai refleks rasa mual, namun apabila dibiasakan maka alan makin terbiasa.

Topik Terkait:
, , , , , ,

ARTIKEL TERBARU SETENGAHBAYA.INFO

Berbagai Style Ngeseks Sesuai Karakter Pria

Tentunya karakter pria itu bermacam-macam. Siapa yang mengira jika karakter tersebut mempengaruhi hubungan intim Anda dengannya. Bagaimanakah karakter si dia? Saatnya Anda tahu khususnya kalian para wanita yang telah memiliki suami untuk mengetahui style bercinta yang tepat untuk pasangan Anda sesuai karakternya. Seperti yang diungkapkan oleh Tammy Nelson, seorang psikiater […]


Manfaat dan Khasiat Anggur Kolesom

Anggur Kolesom merupakan minuman yang memberi manfaat jika Anda mengkomsumsinya dengan takaran tertentu. Hal ini dikarenakan penelitian telah menunjukkan bahwa anggur merah kaya akan Glossary Link antioksidan. kesehatan dari tingginya kadar antioksidan yang disebut ” Glossary Link resveratrol”, sejenis polifenol yang dikenal sebagai ‘fitoaleksin’. Ini adalah kelompok senyawa pada tanaman […]


Dampak Positif Dan Negatif Melakukan Aborsi

Sungguh tega wanita-wanita yang melakukan aborsi dan tentunya tidak sepatutnya untuk dilakukan. Melakukan tindakan aborsi sama halnya melakukan pembunuhan terhadap calon anak dalam kandungan. Selain itu, aborsi juga dapat mempengaruhi kesehatan organ keintiman wanita. Sehingga admin menyarakan jangan sembarangan melakukan aborsi tanpa pembekalan yang benar. Aborsi biasanya dilakukan karena seorang […]


Khasiat dan Manfaat Minum Energen Tiap Hari

Tentunya masalah kesehatan sekarang ini sangat santer dikumandangkan dimana-mana, awali kesehatan dengan sarapan yang baik dan sehat. Sarapan dengan sereal merupakan pilihan tepat buat Anda. Karen  kandungan seratnya yang tinggi membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Buat yang sedang berdiet akan merasa kenyang lebih lama. Serat juga punya manfaat hebat lainnya. […]


Manfaat Minyak Ikan

Ada berbagai manfaat penting dari minyak ikan, antara lain: Kandungan minyak hati ikan atau cod liver oil (CLO) baik bagi perkembangan otak anak. CLO–yang mengandung Vitamin A, D, dan DHA–juga memberikan nutrisi untuk indera pengelihatan serta kesehatan tulang dan kulit. Makanan yang mengandung CLO memiliki asam lemak sehat yang berkhasiat […]


Khasiat dan Manfaat Minum Proman Energizer

Banyak teman-teman yang menanyakan apa saja khasiat dan kegunaan minuman PROMAN Energizer. Yang pastinya, sebagai minuman suplemen energi, PROMAN jelas akan memberikan tambahan energi dalam bentuk tenaga, vitalitas dan rasa kebugaran untuk tubuh. Hanya saja, bagaimanapun, sebuah minuman energi tetap saja merupakan suplemen yang penggunaannya tidak boleh terlalu berlebihan. Dimana-mana […]


Mengenal Obat Jerawat Vitacid dan Efek Sampingnya Untuk Kulit

Obat jerawat vitacid merupakan obat jenis salep/krim yang mengandung Tretinoin sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang kompleks, salah satunya jerawat. Selain jerawat, Vitacid ini juga dapat mengatasi muka berminyak, kusam, sampai komedo. Obat jerawat ini harganya termasuk murah. Tapi sangat efektif untuk mengobati jerawat, komedo, dan kroni-kroninya yang […]


Mengenal Penyakit Kerumut dan Pengobatannya

Kerumut sebetulnya bukanlah nama asli dari penyakit. Kerumut merupakan bahasa yang biasa dipakai oleh orang Banjar. Biasanya orang menyebut penyakit campak sedangkan dalam bahasa kedokterannya adalah morbili, measles atau rubeola. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi yang sangat mudah menular atau infeksius sejak awal masa prodromal, yaitu kurang lebih 4 hari […]


Penyebab dan Pengobatan Lidah Anak di Tumbuhi Jamur

Terjangkit infeksi jamur dapat terjadi di seluruh bagian tubuh kita, termasuk juga di didalam rongga mulut. Sedangkan bila jamur menyerang bagian dalam rongga mulut dapat muncul di berbagai tempat namun yang amat sering adalah di permukaan lidah, kulit yang mengitari mulut, atau pojok mulut. Seorang bayi atau anak yang masih […]


Tips Berhubungan Intim yang Memiliki Sensasi Erotis

Dalam masalah berhubungan intim tentu kedua pasangan menginginkan pasangannya mendapatkan kepuasan sedangkan untuk mendaptkan semua itu tentu membutuhkan kreativitas bercinta yang baik, dan posisi seks adalah salah satu penentu kualitas seks yang romantis. Banyak posisi seks yang dikenal memiliki sensasi erotis. Salah satu posisi seks yang memiliki gairah erotis adalah […]


Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>