Dampak Makan Beras Mentah dan Khasiatnya Bagi Kulit

Dampak Makan Beras Mentah dan Khasiatnya Bagi KulitDalam menjaga kesehatan tubuh tentunya banyak hal-hal yang menjadi pendukung seperti pola makan, jadwal istirahat, aktivitas pekerjaan, olahraga, stress dan lain-lain. Dari banyaknya faktor yang mempengaruhi kesehatan tersebut, ternyata pola makan merupakan kontribusi yang dominan dan sangat penting untuk diprioritaskan. Pola makan yang baik meliputi frekuensi makan, jenis makanan, jumlah kalori dari makanan, cara makan dan tentu saja gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Apakah Anda tahu jika beras dan nasi dituding menjadi pemicu dari salah satu gejala penyakit yang mematikan di dunia , yaitu kencing manis (diabetes). Kencing manis divonis sebagai dalang dari berbagi komplikasi penyakit mematikan seperti serangan jantung, gagal ginjal, stroke, kemandulan, katarak, dan masih  banyak lagi. Bangsa Indonesia dinilai memiliki penderita kencing manis terbanyak di dunia karena setiap hari rajin mengkonsumsi beras/nasi.

Mengenai masalah apakah ada dampak yang ditimbulkan jika keseringan mengkomsumsi beras mentah yang belum menjadi nasi? Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menjelaskan apakah kebiasaan memakan beras mentah berpengaruh buruk terhadap tubuh. Kecuali bila berasnya kotor, maka beberapa hal seperti di bawah ini dapat terjadi pada Anda:

1. Dapat menyebabkan sakit perut dan infeksi usus atau diare karean mungkin saja beras tidak bersih atau sudah terkontaminasi dengan bakteri atau virus.

2. Dapat menimbulkan penyakit maag dan beberapa penyakit usus lainnya akibat ketidak mampuan usus saat mencerna beras mentah.

3. Dapat menyebabkan cacingan karena kemungkinan beras yang dimakan tersebut telah terkontaminasi dengan telur-telur cacing yang kasat mata.

4. Dapat menyebabkan kerusakan gigi secara permanen karena masuknya butiran halus beras disela-sela gigi apalagi jika ngemil beras mentah dilakukan menjelang tidur.

Sedangkan untuk dampak yang tidak langsung bagi kesehatan Anda diataranya:
1. Dapat mengakibatkan tubuh kekurangan karbohidrat karena lambannya proses pencernaan untuk mencerna beras dalam perut jika di bandingkan dengan mengkonsumsi beras yang telah di masak.

2. Dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan penyakit kanker akibat pestisida yang digunakan petani saat menanam padi masih terdapat pada beras tersebut.

Dampak Keseringan Makan Beras Mentah untuk Ibu Hamil
Dr Rudiyanti, Sp.OG dari RS Premier Bintaro memaparkan, perlu diketahui, saat hamil terjadi berbagai perubahan hormonal, salah satunya masalah pada lambung, seperti mual, eneg, perut sebah – 95 persen. Kebiasaan makan beras mentah saat hamil memang secara langsung tidak membahayakan baik ibunya maupun janin yang dikandung. Namun, yang pasti kurang manfaatnya, karena beras itu harus dicuci bersih terlebih dahulu, dimasak baru dikonsumsi. Selain itu, beras yang mentah dapat saja terkontaminasi kuman dari lingkungan sekitar yang jika tertelan tidak menutup kemungkinan justru mengundang penyakit, seperti diare.

Terlebih lagi pada trimester pertama kehamilan, asupan makanan harus berar-benar diperhatikan, karena pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan janin terjadi dengan pesatnya. Makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung gizi seimbang (mengandung karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrien), di samping itu juga bersih, sehat dan bermanfaat bagi ibu dan janin.

Akan tetapi, jika makan beras mentah menjadi salah satu ‘jalan’ agar makanan lain bisa masuk ke tubuh ibu hamil, tidak menjadi masalah. Namun perhatikan benar kebersihannya dan tetap mengonsumsi makanan lain yang gizinya seimbang. Tentu semua ibu hamil menginginkan calon buah hatinya tumbuh dengan maksimal bukan?

Ada anggapan di masyarakat kalau saat hamil makan beras mentah, nanti saat bayinya lahir akan muncul bintik-bintik putih di pipi atau bagian wajah lainnya. Sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukan adanya korelasinya. Bisa saja hal tersebut terjadi secara kebetulan saja.

Khasiat Beras Bagi Kulit
Tahukah anda bahwa beras bukan saja dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok, namun juga dapat dipergunakan sebagai perawatan tampil cantik? Memang benar, sudah lama wanita dari berbagai belahan penjuru Asia mempergunakan beras untuk kecantikan kulinya karena beras. Banyak yang mempercayai bahwa beras dapat meningkatkan kelembaban pada kulit terutama di bagian wajah. Selain itu, beras juga dapat memutihkan kulit. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang putih dan mulus?

Setelah berbagai ilmuwan melakukan penyelidikan terhadap beras, maka memang terbukti bahwa beras mengandung minyak squalane. Dari berbagai beras yang diteliti, ternyata beras yang memiliki kandungan minyak squalane terbanyak adalah beras asal Jepang. Selain itu beras juga mengandung para aminobenzoic acid dan asam ferulis serta allantonin yang merupakan antioksidan dan zat yang dapat memperbaiki keadaan kulit.

Cobalah anda ikuti resep berikut ini. Tumbuh beras hingga menjadi bubuk, lalu campurkan dengan susu sehingga mengental. Tempelkan ke seluruh wajah seperti layaknya menggunakan masker. Diamkan selama 15 – 20 menit, kemudian cucilah dengan air dingin. Selain kulit anda menjadi lembut, anda juga akan mendapatkan perlindungan dari para aminobenzoic acid yang terdapat dalam beras. Zat ini merupakan tabir surya alami sehingga jika masker beras dan susu dipergunakan secara teratur, kulit wajah anda akan berangsur-angsur menjadi lebih putih dan cerah.

Loading...