Faktor Ketika Kelebihan dan Kekurangan Molibdenum Pada Tubuh

Kelebihan dan Kekurangan Molibdenum Pada TubuhMolybdenum diklasifikasikan sebagai unsur logam dan ditemukan secara luas di alam dalam bakteri pengikat nitrogen. Hal ini penting dalam jumlah yang kecil untuk manusia, hewan dan kesehatan tanaman. Pada manusia dan hewan, berfungsi terutama sebagai kofaktor penting dari enzim dan membantu dalam metabolisme lemak dan karbohidrat dan membuat sel-sel dapat berfungsi dengan normal. Molibdenum juga membantu pemecahan sulfit (yang terdapat di dalam makanan dan ditambahan sebagai pengawet). Manusia hanya perlu jumlah yang sangat kecil molibdenum, yang mudah dicapai melalui diet yang sehat.

Kekurangan Molibdenum
Orang yang kekurangan molibdenum, sebetulnya sangat jarang terjadi. Kekurangan molibdenum dapat disebabkan oleh kelainan genetik atau asupan yang tidak memadai pada orang yang sehat, belum pernah diteliti. Kekurangan molibdenum terjadi pada keadaan tertentu misalnya jika seorang mendapatkan makanan parenteral dalam waktu yang lama tanpa tambahan molibdenum.

Gejala yang muncul bervariasi, antara lain retardasi mental, disorientasi, serangan kejang, peningkatan detak jantung dan pernafasan, sakit kepala, mual, muntah, dan koma. Penyembuhan total bisa diperoleh dengan pemberian molibdenum. Adapun penyembuhan secara total dapat diperoleh dengan pemberian molibdenum.

Kelebihan Molibdenum
Kelebihan molibdenum lebih jarang terjadi. Orang yang mengkonsumsi molibdenum dalam jumlah besar dapat mengalami gejala yang menyerupai penyakit gout (Penyakit asam urat), termasuk peningkatan kadar asam urat dalam darah dan nyeri sendi. Kelebihan molibdenum dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada sendi-sendi, serta kelainan pada sistem pencernaan, hati, dan ginjal.

Loading...