Saat Tepat Punya Anak

Beberapa alasan wanita untuk menunda memiliki anak.

Karier, kestabilan emosi dan keuangan, serta kesiapan mental adalah beberapa alasan wanita untuk menunda memiliki anak. Banyak wanita yang ingin mengejar keinginannya dan baru akan mempunyai anak setelah semua impiannya terwujud. Meskipun bisa dikatakan umur dan kondisi tubuh tidak sebugar ibu muda usia 20an, banyak wanita yang baru memiliki anak pertama saat usia 30 n, merasa itulah saat yang paling tepat. Hal itu karena, mereka merasa sudah stabil baik dalam hal emosi maupun keuangan.

Tingkat pertumbuhan tenaga kerja wanita di negara maju seperti Amerika serikat, cukup tinggi. Sebanyak 51 % pekerja wanita di Amerika menduduki posisi penting, baik dalam manajemen maupun sebagai profesional. Dua pertiganya bahkan menjadi tulang punggung keluarga. Ibu bekerja versus ibu rumah tangga, juga masih menjadi perdebatan di negara maju itu. Jika menginginkan karier dan keuangan yang stabil, lalu kapankan saat yang tepat memiliki anak? Menurut para ahli menunda kehadiran anak merupakan kesalahan besar. Dalam survei tersebut, wanita memiliki anak saat kondisi sudah mapan dan usia tua tidak selalu lebih baik.

Dalam online survei pada 2.210 wanita, mayoritas sebanyak 42%  mengungkap, saat yang tepat menjadi ibu adalah ketika meniti karier yaitu antara usia 25 hingga 29. Lalu, yang menjawab saat karier dan kondisi keuangan sudah stabil sebanyak 33 %. Sebanyak 30 % menjawab, saat yang tepat menjadi orangtua adalah ketika pasangan sudah benar-benar siap.  Memiliki anak saat usia 20an adalah saat yang tepat, karena sudah bekerja, kondisi emosi dan keuangan juga mulai stabil, kesehatan juga masih dalam keadaan baik.