Penyakit Mematikan Aneurisma Aorta Abdominal

bPenyakit aneurisma aorta abdominal atau penyakit yang dikenal dengan nama tiga A adalah merupakan penyakit yang sangat mematikan dimana kondisi medis yang ditandai dengan pelemahan dan penonjolan pada daerah aorta abdominalis, pembuluh darah utama yang memasok darah ke tubuh. Aorta adalah arteri yang paling besar yang berasal dari jantung melewati daerah dada dan perut yang membawa darah teroksigenasi ke seluruh tubuh dan pemasok utama pada tubuh manusia, aneurisma aorta abdominal yang pecah dapat menyebabkan perdarahan yang mengancam jiwa.

Penyebab
Kebanyakan aneurisma aorta terjadi pada bagian dari aorta Anda yang ada di perut. Meskipun penyebab pasti dari aneurisma aorta abdominal tidak diketahui, beberapa faktor yang dapat menimbulkan penyakit ini termasuk:

1. Penggunaan tembakau. Merokok dan bentuk lain dari penggunaan tembakau tampaknya meningkatkan risiko aneurisma aorta. Selain efek merusak bahwa merokok menyebabkan langsung ke arteri, merokok berkontribusi terhadap penumpukan plak lemak dalam arteri Anda (aterosklerosis) dan tekanan darah tinggi. Merokok juga dapat menyebabkan aneurisma Anda untuk tumbuh lebih cepat dan lebih cepat merusak aorta Anda.

2. Pengerasan arteri (atherosclerosis). Aterosklerosis terjadi ketika lemak dan zat-zat lain membangun di lapisan pembuluh darah, meningkatkan risiko aneurisma.

3. Infeksi pada aorta (vaskulitis). Dalam kasus yang jarang terjadi, perut aneurisma aorta dapat disebabkan oleh infeksi atau peradangan yang melemahkan bagian dari dinding aorta.

Aneurisma dapat mengembangkan di mana saja di sepanjang aorta, tetapi ketika penyakit ini terjadi pada bagian atas aorta, mereka disebut thoracic aortic aneurysms. Lebih umum, aneurisma terbentuk di bagian bawah aorta dan disebut aneurisma aorta abdominal. Aneurisma ini juga dapat disebut sebagai AAA atau tiga A.

Faktor risiko
Faktor risiko aneurisma aorta perut meliputi:
1. Age. Aneurisma aorta abdominal yang paling sering terjadi pada orang usia 65 dan lebih tua.
2. Penggunaan tembakau. Penggunaan tembakau merupakan faktor risiko yang kuat untuk pengembangan aneurisma aorta abdominal. Semakin lama Anda merokok atau mengunyah tembakau, risiko Anda lebih besar.
3. Aterosklerosis. Aterosklerosis, penumpukan lemak dan zat-zat lain yang dapat merusak lapisan pembuluh darah, meningkatkan risiko aneurisma.
4. Menjadi laki-laki. Pria mengembangkan aneurisma aorta perut lebih sering daripada wanita.
5. Riwayat keluarga. Orang yang memiliki riwayat keluarga aneurisma aorta abdominal berada pada peningkatan risiko memiliki kondisi tersebut. Orang yang memiliki riwayat keluarga aneurisma cenderung mengembangkan aneurisma pada usia yang lebih muda dan berada pada risiko yang lebih tinggi pecah.

Komplikasi
Air mata di dinding aorta adalah komplikasi utama perut aneurisma aorta. Sebuah aneurisma aorta pecah dapat menyebabkan pendarahan internal yang mengancam jiwa. Secara umum, semakin besar aneurisma, semakin besar risiko pecah.

Tanda dan gejala yang aneurisma aorta Anda telah pecah meliputi: perut atau punggung Nyeri nyeri mendadak, intens dan terus-menerus yang terpancar ke punggung atau kaki, Cepat berkeringat, Pusing, Mual, Muntah tekanan darah rendah, Cepat Kehilangan kesadaran dan Sesak napas.

Komplikasi lain dari aneurisma aorta adalah risiko pembekuan darah. Gumpalan darah kecil dapat berkembang di daerah aneurisma aorta. Jika istirahat bekuan darah lepas dari dinding dalam aneurisma dan blok pembuluh darah di tempat lain dalam tubuh Anda, dapat menyebabkan rasa sakit atau memblokir aliran darah ke kaki, jari kaki, ginjal atau organ perut.

Pengobatan
Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan pembedahan. Risiko lain bila aneurisma aorta abdominalis ini sampai pecah adalah terjadinya gangguan pada ginjal. Bila dibiarkan saja atau tidak segera diambil tindakan, maka kemungkinan terburuk yaitu kematian bisa terjadi.