Tanda Bahaya Persalinan

Kehamilan harus mendapat perhatian ekstra.

Wanita hamil dan yang tengah merencanakan kehamilan harus mendapat perhatian ekstra. Mereka harus rutin melakukan tes kesehatan untuk meminimalisir gangguan yang berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Perhatian ekstra perlu dilakukan hingga proses persalinan rampung. Sebab, masalah seringkali muncul justru saat proses persalinan berjalan. Demi keselamatan ibu dan bayi.

Waspadai beberapa masalah saat persalinan berikut ini:

– Bayi tidak lahir dalam 12 jam sejak terasa mulas
– Keluar darah dari jalan lahir sebelum melahirkan
– Tali pusat atau tangan/kaki bayi terlihat pada jalan lahir
– Tidak kuat mengejan
– Air ketuban keluar dari jalan lahir sebelum terasa mulas
– Mengalami kejang-kejang
– Keluar darah banyak ketika bayi lahir

Jangan remehkan masalah-masalah tersebut saat persalinan. Dalam kondisi semacam itu, perlu penanganan medis yang sifatnya darurat demi keselamatan ibu dan bayi.

Wanita hamil cenderung manja.

Banyak perubahan yang dialami perempuan saat memasuki masa kehamilan. Selain masalah fisik, ada juga psikis yaitu perilaku dan tabiat. Yang tadinya sabar menjadi cepat naik darah, yang tadinya rajin tiba-tiba menjadi malas, yang semula mandiri menjadi manja, atau yang biasanya selalu memperhatikan suami kini malah ingin lebih diperhatikan.

Sebenarnya perubahan perilaku pada ibu hamil merupakan hal wajar. Hal itu terjadi karena produksi hormon progesteronnya sedang tinggi. Kondisi seperti itu akan lebih mudah dihadapi oleh wanita yang menginginkan atau sangat mengharapkan kehamilan. Mereka cenderung lebih bisa menyesuaikan diri. Secara fisik dan psikis lebih siap. Kondisi itu juga sudah mulai bisa dikendalikan pada trimester kedua dan ketiga.