Antisipasi Akrosianosis (Acrocyanosis) pada Tangan dan Kaki

Antisipasi Akrosianosis (Acrocyanosis) pada Tangan dan KakiAkrosianosis adalah penurunan jumlah oksigen yang menuju ke ekstremitas. Hal ini ditandai dengan perubahan warna biru atau merah berbintik-bintik pada kulit, jari-jari dan pergelangan tangan karena kekurangan oksigen. Akrosianosis biasanya simetris dan banyak mengeluarkan keringat pada bagian tertentu. Penurunan suplai darah ke daerah-daerah disebabkan oleh penyempitan (konstriksi) dari arteriol kecil atau spasme pembuluh darah kecil.

Deskripsi
Akrosianosis adalah gangguan menyakitkan yang disebabkan oleh penyempitan atau penyempitan pembuluh darah kecil di kulit pasien yang terkena. Spasme pembuluh darah menurunkan jumlah darah yang melewati mereka, sehingga kurang darah yang dikirim ke tangan dan kaki. Tangan bisa menjadi daerah utama yang terkena dampak. Daerah yang terkena menjadi biru dan menjadi dingin dan berkeringat. Localized pembengkakan juga dapat terjadi. Emosi dan suhu dingin dapat memperburuk gejalanya, sedangkan kehangatan dapat mengurangi gejala. Penyakit ini terlihat terutama pada wanita dan efek gangguan terutama kosmetik. Orang dengan penyakit cenderung tidak nyaman, dengan berkeringat, dingin, tangan berwarna kebiruan dan kaki.

Penyebab dan Gejala
Saraf simpatis menyebabkan konstriksi atau kejang di pembuluh darah perifer yang memasok darah ke ekstremitas. Kejang adalah kontraksi otot-otot di dinding pembuluh darah. Kontraksi mengurangi diameter pembuluh darah, sehingga mengurangi jumlah darah yang mengalir melalui daerah yang terkena. Kejang terjadi secara terus-menerus, sehingga pengurangan jangka panjang pasokan darah ke tangan dan kaki. Darah yang cukup masih melewati pembuluh darah sehingga jaringan di daerah yang terjangkit tidak kekurangan oksigen atau mati. Terutama, pembuluh darah dekat permukaan kulit yang terkena.

Diagnosa
Diagnosis ditegakkan dengan pengamatan gejala klinis utama, termasuk tangan terus-menerus biru dan berkeringat dan / atau kaki dan kurangnya rasa sakit. Pendinginan tangan meningkatkan kebiruan, sementara pemanasan tangan menurunkan warna biru. Nadi acrocyanosis pasien normal, yang aturan dari penyakit obstruktif. Penyakit Raynaud berbeda dari acrocyanosis dalam hal itu menyebabkan fase warna kulit putih dan merah, bukan hanya perubahan warna kebiruan.

Pengobatan
Akrosianosis biasanya tidak diobati. Obat yang menghalangi penyerapan kalsium (calcium channel blockers) dan alpha-satu antagonis mengurangi gejala pada sebagian besar kasus. Obat-obatan yang melebarkan pembuluh darah hanya efektif beberapa waktu. Berkeringat dari daerah yang terkena bisa berlimpah dan memerlukan pengobatan. Bedah untuk memotong saraf simpatik dilakukan jarang.

Prognosa
Akrosianosis adalah penyakit jinak dan gigih. Perhatian utama pasien adalah kosmetik. Diobati, penyakit ini tidak memburuk.

Pada bayi baru lahir
Akrosianosis umum biasanya setelah melahirkan prematur dan istilah penuh baru lahir  Intervensi biasanya tidak diperlukan, meskipun rumah sakit memilih untuk memberikan oksigen tambahan untuk tindakan pencegahan.