Pengobatan Rheumatoid Arthritis dengan Aroma Telur Busuk

Pengobatan Rheumatoid Arthritis dengan Aroma Telur BusukPernahkah Anda mencium aroma yang dikeluarkan oleh telur busuk? Tentu aromanya sangat menyengat namun, dibalik bau busuknya ternyata dapat bermanfaat buat penderita rheumatoid arthritis atau radang persendian. Sebelumnya kita ketahui dibalik terjadinya telur itu bisa membusuk karena disebabkan oleh gas Hidrogen Sulfida (H2S) dan Gas tersebut ternyata juga terdapat di cairan sendi dan berfungsi untuk mengatasi radang pada penderita rheumatoid arthritis.

Bukan hanya pada penderita gangguan sendi, gas tersebut juga ditemukan pada persendian yang sehat sekalipun. Letaknya di antara sambungan tulang, bercampur dengan cairan synovial yang merupakan pelumas bagi persendian.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkap, konsentrasi gas H2S meningkat pada penderita radang persendian seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Dibandingkan sendi yang sehat, pengingkatan tersebut dikatakan cukup signifikan.

Dikutip dari Foxnews, temuan ini menunjukkan hubungan yang erat antara gas H2S dengan radang yang terjadi di persendian. Meski belum diketahui pasti, para peneliti meyakini gas tersebut merupakan bentuk perlindungan alami terhadap radang.

Oleh karena itu, penelitian ini akan dikembangkan untuk menemukan bentuk terapi baru yang berbasis H2S. Jika berhasil, terapi baru tersebut diharapkan akan menggantikan pengobatan konvensional dengan berbagai efek sampingnya yang tidak menyenangkan.

Para peneliti yang terdiri dari ilmuwan dari Peninsula Medical School dan beberapa dokter di Royal Devon and Exter NHS Trust menilai hasil penelitian ini menguatkan temuan terdahulu. Sebelumnya, para ahli telah mengidentifikasi molekul yang mengatur pelepasan H2S pada radang persendian kronis.

Radang persendian, khususnya rheumatoid arthritis merupakan gangguan autoimun yang sering menyertai proses penuaan. Penyakit ini menyerang sedikitnya 46 juta orang di seluruh Amerika, sebagian besar di rentang usia 30 hingga 40 tahun.