Mengulas Fakta Keseringan Kerokan Saat Masuk Angin

Mengulas Fakta Keseringan Kerokan Saat Masuk AnginMelakukan aktifitas diluar rumah umatnya pada saat malam hari tentu penyakit yang sering Anda alami adalah masuk angin. Masuk angin merupakan penyakit yang sangat sering dialami oleh orang Indonesia, apa talagi saat cuaca tidak menentu, dan umumnya jika Anda sudah masuk angin, banyak diantara kita memilih kerokan agar terbebas dari masuk angin. Lalu, seperti apa masuk angin menurut perspektif dari ilmu kedokteran? dan apakah kebiasaan kerokan baik untuk kesehatan?

Menurut penjelasan dari praktisi kesehatan dr. Fransiscus Alvionita dari sebuah sumber, sebenarnya dunia medis dan kedokteran tidak mengenal yang namanya  “ masuk angin “, hanya saja mereka menyebutkan bahwa keadaan ini merupakan kumpulan gejala-gejala yang dirasakan seseorang saat menderita sakit/ atau ketika kondisinya sedang tidak fit. Gejala tersebut diantaranya seperti pusing, mual, perut kembung, rasa pegal pada otot dan sendi, bahkan bisa mengalami muntah-muntah. Dan gejala ini mirip sekali dengan gejala-gejala yang timbul pada penderita influenza.

Menurut dokter, bahwa cara smart untuk mengatasi masuk angin, dengan mengomsumsi obat-obatan sesuai dengan kebutuhan dan keluhan yang muncul, seperti paracetamol untuk sakit kepala, antasida dan suplemen lambung lainnya untuk mencegah mual, kembung dan muntah. Dan jangan lupa komsumsi vitamin, khususnya B-Kompleks untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda, makan teratur dan tentu saja harus di ikuti dengan istirahat yang cukup.

Menurut pengalaman dari beberapa orang, bahwa cara yang manjur untuk mengatasi masuk angin adalah kerokan, hanya saja kita tidak tahu apakah kerokan berbahaya bagi kesehatan jika dilakukan terus menerus ? Sebenarnya kebiasaan kerokan ini relatif tidaklah berbahaya, hanya saja perlu diperhatikan kandungan, bahan, dan alat yang digunakan untuk mengerok. Karena bisa saja penggunaan alat yang tidak dianjurkan bisa menyebabkan dan memperparah keadaan, misalnya timbul alergi atau infeksi, apalagi alat yang digunakan tidak higienis.

Jika sudah demikian, meski kita sudah mengetahui bahwa masuk angin bukanlah penyakit yang berbahaya, namun tidaklah berlebihan jika Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter guna memastikan bahwa keadaan Anda baik-baik saja.