Langkah Dalam Pengobatan Sirosis Hati

Langkah Dalam Pengobatan Sirosis HatiUntuk saat ini, tidak ada obat untuk sirosis sel-sel hati tidak dapat direhabilitasi. Namun dokter dapat menunda perkembangan penyakit ini, meminimalkan kerusakan sel hati, dan mengurangi komplikasi dari penyakit ini pembentukan jaringan parut hati secara lebih lanjut atau memperlambat munculnya kerusakan pada sel-sel hati.

Sirosis memiliki kecenderungan semakin memburuk jika penyebab yang mendasari muncul sirosis tetap ada. Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk memperlambat atau menghentikan penyebab sirosis, seperti:

– Menjauhi konsumsi alkohol jika penyebab sirosis adalah alkohol.
– Pengobatan untuk pengendalian virus hepatitis.
– Menggunakan steroid atau obat untuk menekan kekebalan tubuh lainnya untuk mengobati penyakit-penyakit autoimun yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati.
– Menghapus kelebihan kadar zat besi yang terjadi pada hemokromatosis.

Berbagai macam metode pengobatan mungkin akan disarankan, tergantung dari tingkat keparahan sirosis sserta gejala-gejala yang berkembang, yaitu:

– Diet rendah natrium atau diet diuretik untuk mengurangi jumlah cairan yang terkumpul di dalam tubuh.
– Obat untuk mengurangi rasa gatal.
– Terapi obat-obatan untuk mengurangi hipertensi portal.
– Pengurangan ascites atau cairan yang terkumpul pada perut.

Jika pasien mengalami perdarahan pada bagian usus sehingga muntah darah atau keluar darah pada tinja, atau tinja menjadi hitam, dokter kemungkinan akan melakukan tindakan untuk mengatasinya. Ada banyak macam teknik pembedahan yang dapat dilakukan untuk menghentikan perdarahan serta mengurangi resiko yang lebih lanjut.

Dalam kasus-kasus yang lebih parah yaitu ketika jaringan parut telah meluas serta organ hati nyaris tidak dapat berfungsi dengan baik, maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan hanyalan transplantasi hati.