Sumber Mulut Berbau Selain Disebabkan Gigi Berlubang

Sumber Mulut Berbau Selain Disebabkan Gigi BerlubangGigi yang berlubang merupakan masalah dan penyebab utama bau mulut. Kuman bersarang pada lubang gigi apalagi jika terdapat sisa-sisa makanan yang teritnggal didalamnya. Sedangkan untuk mengatasi amsalah ini, biasanya orang akan menambal gigi yang berlubang tersebut dan rajin sikat gigi miniml dua kali dalam sehari semalam.

Namun apakah benar jika bau mulut hanya disebabkan oleh gigi yang berlubang? Ternyata penyebab bau mulut bukan saja disebabkan oleh gigi yang berlubang ternyata memiliki berbagai macam faktor. Salah satu faktor tersebut adalah makanan seperti jengkol, petai dan juga bawang. Bagi Anda yang ingin tahu penyebab bau mulut lainnya, silahkan simak ulasan yang diberikan oleh setengahbaya.info dalam masalah kedoteran gigi dibawah ini.

1. Mulut Kering
Salah satu penyebab bau mulut adalah mulut kering. Hal ini terjadinya karena kurangnya produksi enzim dalam mulut sehingga menyebabkan bakteri tumbuh subur dan menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasi hal ini, gunakan pasta gigi yang mengandung enzim dan juga sering-sering membasahi mulut Anda dengan cara minum air putih.

2. Makanan
Beberapa makanan yang dianggap sebagai makanan favorit banyak orang, justru menjadi penyebab utama bau mulut. Seperti yang sudah disebutkan diawal bahwa makanan seperti jengkol, petai dan juga bawang adalah beberapa makanan yang dapat memicu bau mulut tidak sedap. Untuk mengatasinya, kunyah permen karet agar bau tidak sedak bisa tersamarkan.

3. Sikat Gigi Kurang Bersih
Kadang kita menganggap sikat gigi yang kita lakukan sudah cukup membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi. Padahal sikat gigi saja belum cukup. Untuk mengurangi bau mulut akibat sisa makanan, gunakan obat kumur untuk membantu membersihkan sisa makanan yang tidak hilang hanya dengan sikat gigi saja.

4. Asam Lambung
Sering kita menganggap bahwa asam lambung hanya penyakit lambung yang berurusan dengan masalah gangguan pencernaan. Padahal asam lambung secara tidak langsung dapat memnyebabkan bau mulut tidak sedap, apa lagi jika perut Anda sedang kosong. Untuk mengatasi hal ini, jangan sampai perut Anda benar-benar kosong agar tidak terjadi penguapan, kecuali Anda sedang puasa.

5. Minuman Beralkohol
Jangan pernah minum minuman yang mengandung alkohol jika Anda tidak mau mulut Anda bau. Minuman beralkohol dapat memicu peningkatan gas dalam perut dan dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Demikian beberapa faktor penyebab bau mulut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk rajin menjaga kesehatan gigi dan juga mulut Anda agar terhindar dari bau mulut tidak sedap. Salam sehat!